5 Tips Menjajal Kuliner Khas Daerah Saat Melancong

NEWSWANTARA –┬áKetika melancong ke suatu daerah yang ada di Indonesia tentunya kita pasti akan dihadapkan dengan berbagai macam menu baru sajian kuliner khas dari daerah tersebut dan cita rasa dari kuliner tersebut belum tentu cocok dengan lidah kita. Belum lagi penyajian dan cara menyantap kuliner tersebut yang tidak biasa.

Sebelum anda menjajal kuliner khas daerah, ada baiknya kita memperhatikan beberapa tips berikut, sehingga anda dapat menikmati kuliner tersebut sekaligus juga menghormati tradisi yang ada.

1. Mencari informasi makanan khas

Sebelum berkunjung ke daerah yang akan anda kunjungi, jangan lupa carilah terlebih dahulu informasi berbagai makanan khas daerah tersebut. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut melaui koran, majalah bahkan internet.

2. Membuat daftar makanan khas daerah yang dikunjungi

Setelah mendapatkan berbagai macam informasi barulah anda harus membuat daftar berbagai makanan khas daerah. Cara ini dipakai supaya tidak ada makanan khas daerah yang terlawatkan untuk dijajal. Anda bisa membuat daftar dengan memprioritaskan makanan khas yang paling ingin anda coba, dan tentunya yang paling populer di daerah tersebut.

3. Cari tahu harganya

Anda perlu untuk mencari tahu perihal harga makanan tersebut. Sebab, dengan begitu anda bisa memperhitungkan anggaran liburan anda supaya tidak membengkak. Ada baiknya sebelum memesan tanyakan dulu harganya, karena ada beberapa rumah makan yang memasang tarif suka-suka. Dengan cara ini pun anda dapat menghindari bentuk penipuan dari rumah makan yang memasang tarif dengan suka-suka.

4. Pilih makanan yang direkomendasikan

Saat berkunjung ke suatu daerah, tentunya ada akan merasa kebingungan dalam memilih tempat makan. Sebab ada banyak tempat makan yang menawarkan kuliner khas daerahnya. Untuk itu anda perlu mencari beberapa tempat makan yang recommended. Anda bisa mencari tahunya dari penduduk setempat, teman yang asli daerah tersebut, bahkan dari media massa dan internet.

5. Makanlah sesuai tradisi

Ada beberapa makanan yang perlu dimakan sesuai tradisi, Misalnya saja dijumpai nasi tumpeng yang banyak dijumpai di Pulau Jawa. Cara makan nasi tumpeng harus dipotong dari atas oleh si tuan rumah, kemudian barulah para tamu boleh mengambil makanannya. Jadi untuk menghormati budaya daerah lain, anda perlu menyantapnya sesuai dengan tradisi yang berlaku di daerah tersebut.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz