Metode Sosrobahu Yang Patut Dibanggakan

Nampak penggunaan metode Sosrobahu [Pict. goodnewsfromindonesia.id]

NEWSWANTARA – Metode yang ditemukan oleh orang asli Indonesia ini patut dibanggakan dalam pembangunan jalan layang dalam mengurangi kemacetan. Sistem ini cocok dipakai pada elevated toll road (jalan tol layang dalam kota) yang biasanya mengalami kendala lalu lintas dibawahnya yang ada.

Sosrobahu terbukti bermanfaat dalam proses pembangunan jalan layang, sangat aplikatif, teruji baik teknis dan ekonomis. Teknik Sosrobahu atau landasan putar bebas hambatan adalah legenda dunia teknik sipil Indonesia. Sosrobahu lahir sebagai jawaban atas sulitnya membangun jalan tol di atas jalanan yang sudah padat kendaraan seperti pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II.

Penerapan sistem Sosrobahu di Tol Jakarta-Cikampek II mampu menjaga sistem lalu lintas dalam proses penyelesaiannya. Bila memakai teknik konstruksi konvensional, dipastikan seluruh jalanan akan ditutup dan membuat kemacetan jalan. Namun, dengan Sosrobahu, semua bisa diatasi, pier head  bisa lebih dulu dicor sejajar garis jalan tanpa makan tempat.

Baca juga : Naufal Raziq Bocah Penemu Teknologi Pohon Listrik

Penggunaan teknologi sosrobahu sudah marak dimanfaatkan di luar negeri seperti di Malaysia dan Filipina untuk mengurangi potensi kemacetan saat proses pembangunan jalan tol layang.  Sosrobahu pada dasarnya sebuah metode yang sangat sederhana dalam pelaksanaannya (memutar bahu lengan beton jalan layang).

Tjokorda Raka Sukawati orangnya,  insinyur lulusan ITB yang termasuk ‘100 tokoh yang mengubah Indonesia yang menjadi menemu metode ini. Tjokorda berhasil memecahkan masalah pembangunan Tol Tanjung Priok-Cawang (Tol Wiyoto Wiyono) yang dimulai sejak 1987. Teknik ini sangat membantu dalam membuat jalan layang di kota-kota besar yang jelas memiliki kendala yakni terbatasnya ruang kota yang diberikan.

Pengerjaan konstruksi serta kegiatan pembangunan infrastruktur tanpa mengganggu kegiatan masyarakat kota khususnya arus lalu-lintas cocok dengan mentode Sosrobahu. Penggunaan metode efisiensi waktu, biaya, energi, atau apapun, ini teknologi yang bisa membuat tol tanpa menutup jalan yang patut dianggakan dari karya orang Indonesia.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz