Bersinergi Membangun Nanoteknologi Nasional

nanoteknologi

NEWSWANTARA – Penggunaan nanoteknonlogi di dunia saat ini sedang gencar-gencarnya dimana dalam periode 2010 sampai 2020 akan terjadi percepatan yang sangat pesat. melanjuti perkembangan teknologi yang begitu pesat, nanoteknologi menjadi terobosan penting bagi kebutuhan manusia.

Nanoteknologi dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang sains, teknik, medis, produksi dan konservasi energi, hingga alat elektronik. Beberapa kategori dari produk-produk yang menggunakan nanoteknologi, seperti industri pangan, industri kimia, industri keramik, dan industri pertanian.

Sementara itu, dalamĀ bidang pangan nanoteknologi lebih digunakan untuk melakukanĀ efisiensi kinerja dari sebuah zat aktif yang ada pada obat-obat herbal, makanan suplemen, atau pangan fungsional.

Nanoteknologi adalah ilmu yang mempelajari objek dengan ukuran sangat kecil (sepersemiliar meter) dan melakukan rekayasa untuk menghasilkan produk baru dengan sifat khusus yang diinginkan. Salah satu contoh aplikasi nanoteknologi misalnya Carbon Nano-Tube (CNT) yang sangat ringan dan memiliki kekuatan 100 kali lebih kuat dari baja.

Perkembangan nanoteknologi di Indonesia cukup masif. Peneliti di berbagai bidang seperti LIPI, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Kementerian dan beberapa universitas seperti Universita Indonesia, Institute Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bogor (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM) sudah mulai progresif melakukan kajian.

Perkembangan nanoteknologi di Indonesia dapat berjalan dengan cepat apabila penelitian yang dilakukan berlangsung secara terus menerus, sinergis dan berkesinambungan. Memandang bahwa instrumentasi dan nanoteknologi merupakan alat untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk teknologi, terlebih untuk keperluanĀ industri dalam negeri, sehingga dapat melepaskan ketergantungan terhadap dunia luar.

Untuk mengembangkan nanoteknologi ini diperlukan kerjasama yang erat dari semua kalangan baik industri, pemerintah, dan akademisi. Prospek nanoteknologi akan semakin cerah jika kolaborasi tersebut berjalan harmonis. Berawal dari ini, permasalahan bangsa diharapkan dapat terselesaikan sekaligus meningkatkan derajat bangsa di percaturan Internasional.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz