Generasi Milenial Indonesia Jadi Wisatawan Paling Spontan Dalam Mempersiapkan Liburan

Generasi Milenial Indonesia
Generasi Milenial Indonesia

NEWSWANTARA – Berapakah waktu rata-rata yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan liburan? Sebulan, dua bulan, atau bahkan hanya dalam hitungan minggu?

Lama waktu persiapan akan menunjukkan apakah Anda termasuk tipe wisatawan yang penuh persiapan ataukah wisatawan yang spontan dan tak terduga.

Baru-baru ini salah satu platform reservasi akomodasi online “agoda” telah melakukan riset untuk mengetahui lama waktu persiapan yang dibutuhkan oleh wisatawan dari berbagai negara untuk berlibur. Mereka menghitung rata-rata lead times—istilah untuk reservasi akomodasi lebih awal sebelum berlibur wisatawan dari 20 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Hasil yang didapat cukup mengejutkan. Dari riset tersebut terungkap bahwa generasi milenial Indonesia merupakan tipikal wisatawan yang paling spontan dan tak terduga mempersiapkan liburan. Indonesia menduduki peringkat kedua dengan rata-rata lead times 18 hari sebelum liburan, baik ke destinasi domestik maupun internasional. Sementara itu, Arab Saudi memimpin peringkat dengan rata-rata lead times 16,9 hari.

Di kawasan Asia Tenggara sendiri, nilai lead times masyarakat Indonesia yang melakukan reservasi akomodasi di platform akomodasi online agoda hampir mencakup setengah dari lead times masyarakat Singapura yang rata-rata melakukan reservasi 33 hari sebelum berlibur.

Sementara itu peringkat terbawah, atau dengan kata lain negara yang wisatawannya paling penuh persiapan, ialah Hong Kong, dengan rata-rata lead times 49.4 hari. Kemudian diikuti oleh Rusia (46,4 hari) dan Australia (44,3 hari).

Untuk lebih jelasnya, simak infografik berikut.

Infografik lead times dari 20 negara dalam riset Travel & Tech agoda.com [Agoda]