Awal Mula Munculnya Event Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)

Hari Belanja Online Nasional
Hari Belanja Online Nasional

NEWSWANTARA – Bagi para penikmat belanja, khususnya belanja online, tanggal 12 Desember merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) Ratusan e-commerce yang mengikuti event ini berlomba-lomba untuk menawarkan beragam diskon berbagai kebutuhan penggunanya.

Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia dengan dukungan dari sejumlah mitra, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media.

Jejak sejarah Harbolnas di tanah air tak lepas dari perkembangan industri perdagangan online. Harbolnas pertama kali dilakukan di Indonesia sejak 5 tahun lalu. Pada debut pertamanya di 2012, Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak memprakarsai lahirnya Harbolnas. Momen debut Harbolnas kala itu memang unik, dengan mengambil 12 Desember, maka momentum itu dikenal dengan 121212.

Inisiatif hari belanja online nasional tiap 12 Desember itu kemudian mendapat sambutan dari pemain dan industri retail lainnya di Indonesia. Setahun berikutnya, dengan peserta belanja online yang makin besar membuat istilah Hari Belanja Online Nasional dikukuhkan.

Harbolnas di Indonesia sendiri terinspirasi dari gerakan “Cyber Monday” yang telah ada di negara besar seperti Amerika, Kanada, Inggris dan Jepang, dimana para pedagang online menggelar promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara memperingati syukuran panen akhir tahun) untuk menarik konsumen berbelanja online.

Baca Juga

Respon Harbolnas 2013 meningkat dibanding debutnya. Banyak pembeli yang berburu diskon menarik yang ditawarkan secara online dalam satu hari tersebut. Event ini memang menjadi kabar gembira bagi para penggila belanja untuk mencari aneka produk, baik yang dibutuhkan atau hanya ikut-ikutan karena terbuai dengan banyaknya diskon yang diberikan oleh para pelaku e-commerce.

Harbolnas 2013 semakin meneguhkan industri online dan e-commerce di Indonesia untuk makin meningkatkan pengalaman belanja online. Maka Harbolnas diselenggarakan lagi pada 2014.

Pada tahun 2017 Harbolnas telah menginjak tahun kelima, Harbolnas pada tahun tersebut menjadi semakin berkembang, tercatat Harbolnas pada 12 Desember 2017 terdapat sekitar 250 e-commerce yang ikut berpartisipasi.

Hal yang berbeda pada tahun 2017 dengan mengusung tagline #BelanjaOnlineBersama, Harbolnas memulai inisiasi untuk menjangkau para UMKM di Indonesia agar ikut berpartisipasi dalam acara e-commerce terbesar di Indonesia yaitu pada tanggal 12 Desember 2017.

Dengan keterlibatan para pelaku usaha kecil menengah tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah UMKM yang go online dan merasakan dampak bisnis dari Harbolnas berdampingan dengan pemain e-commerce besar.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz