Ubud Dinobatkan Sebagai Salah Satu Kota Terbaik di Dunia Mengalahkan Roma

Pura Taman Saraswati Ubud
Pura Taman Saraswati Ubud

NEWSWANTARA – Keindahan dan daya tarik wisata Pulau Bali seolah tidak pernah redup. Tiap-tiap kota dan kabupaten di Pulau Dewata tersebut selalu menjadi pusat perhatian para wisatawan dari seluruh dunia.

Baru-baru ini, media wisata Travel+Leisure menobatkan Ubud yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, sebagai salah satu dari 15 kota terbaik di dunia. Dengan skor 90,13, Ubud berhasil ‘menyihir’ wisatawan dunia.

Ubud menempati posisi ke-9 sebagai kota terbaik di dunia dan menempati posisi ke-4 kota terbaik di Asia. Penghargaan tersebut didapat dari penilaian pembaca Travel+Leisure lewat penghargaan rutin tahunan Worlds Best oleh Travel+Leisure.

Baca JugaSurga Paralayang di Bukit Timbis, Bali

Pembaca Travel+Leisure yang pernah berwisata ke Ubud mengaku seni interior khas Bali sangat menawan di tiap sudut Ubud. Selain itu, keramahtamahan penduduk setempat selalu menjadi kenangan manis bagi para wisatawan yang pernah berkunjung. Ubud seakan memesona bagi siapa pun yang suka seni dan ketenangan.

Sawah Tegalalang, Jatiluwih, dan resor-resor keren di Ubud sukses mengambil hati pembaca Travel+Leisure. Ubud juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang mempesona. Dari mulai Monkey Forest yang pernah dijadikan lokasi syuting Eat, Pray, Love yang diperankan oleh Julia Roberts. Bukit Campuhan, Nyuh Kuning Village, Tegalalang, Puri Ubud, Pura Sarawati hingga arum jeram di Sungai Apung, semuanya ada di Ubud.

Sejuta pesona yang dimiliki Ubud pada akhirnya sukses menempatkan Ubud di peringkat ke-9 mengalahkan Roma di Italia dengan posisi ke-12 dan Barcelona di Spanyol dengan posisi ke-15.

Lima kota yang menduduki posisi teratas sebagai kota terbaik di dunia versi Travel+Leisure yakni San Miguel de Allende (Meksiko), Charleston (Amerika Serikat), Chiang Mai (Thailand), Kyoto (Jepang), dan Florence (Italia). Sedangkan lima kota terbaik di Asia versi Travel+Leisure adalah Chiang Mai (Thailand), Kyoto (Jepang), Hoi An (Vietnam), Ubud (Indonesia), Luang Prabang (Laos).

masyarakat bali
[Pesona Indonesia]

Tak hanya itu, dalam ajang penghargaan yang sama, Ubud juga berada di posisi keempat untuk kategori kota terbaik di kawasan Asia. Sejumlah pembaca Travel+Leisure mengaku betapa mereka begitu dimanjakan dengan kebaikan dan orang bijaksana yang di temui kemanapun mereka pergi di Ubud.

Beberapa waktu lalu, Presiden AS ke-44, Barack Obama, beserta keluarga juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Bali. Mereka banyak menghabiskan waktu di daerah Ubud.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan penghargaan ini sangat kredibel karena dipilih oleh media yang punya pamor di dunia untuk wisatawan. Penghargaan ini juga memberikan rasa percaya diri bahwa Bali hebat di mata orang lain yang menilai. “Bali paling lengkap 3A-nya, atraksi, akses, amenitas. Tapi ke depan akan terus diperkuat,” ujarnya.

Baca Juga : Desa Adat Penglipuran

Menpar juga mengatakan bahwa Ubud tak hanya memiliki produk yang bagus. Daerah yang mendapat julukan sebagai Spirit of Bali ini juga memiliki banyak hal yang bisa dijual dan unggul, baik alam maupun budayanya.

Tri Hita Karana, misalnya, menjadi filosofi yang dipegang teguh oleh Ubud. Filosofi ini memberi ajaran untuk berbuat baik dengan sesama, Tuhan, dan alam. Arief meyakini dengan filosofi yang kuat ini, produk dan proses yang dihasilkan akan menjadi lebih bagus dan lebih abadi. “Karena sudah ada nilai-nilai spiritual di dalam produk dan layanan seni, budaya, dan pariwisata yang ada di sini.


Sumber : Kementerian Pariwisata