Kementerian Pariwisata Menetapkan Jember Sebagai Kota Karnaval

Jember Fashion Carnival
Kostum Tambora pada event "Jember Fashion Carnival" [Getty Images/Pudyanto]

NEWSWANTARA – Berkat konsistensinya untuk menyelenggarakan event “Jember Fashion Carnaval” yakni selama 16 tahun berturut-turut, Kabupaten Jember akhirnya secara resmi ditetapkan sebagai Kota Karnawal oleh Kementerian Pariwisata.

Saat ini, Jember Fashion Carnaval statusnya sudah bertaraf internasional. Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata mengapresiasinya dengan menetapkan Jember sebagai Kota Karnaval melalui Surat Keputusan Menteri Pariwisata.

Jember Fashion Carnaval adalah ajang fesyen tahunan di Jember. Selain fesyen siap pakai yang ditampilkan, tapi juga instalasi fesyen yang unik dan meriah. Apresiasi dari pemerintah pusat tentunya membuat Pemerintah Daerah dan masyarakat Jember tentunya sangat senang.

Baca Juga: 

Penetapan sebagai Kota Karnaval melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Pariwisata akan membantu acara Jember Fashion Carnaval ini semakin dikenal secara global. Penetapan ini juga akan diiringi dengan pengembangan industri wisata di Jember yang berkelas dunia.

Tak hanya memeriahkan suasana di Indonesia, para peserta Jember Fashion Carnaval juga dikirim ke sejumlah perlombaan kostum internasional. Belum lama ini, peserta dari Lampung baru saja memenangkan penghargaan Best National Costume Miss Grand International di Amerika Serikat.

Selain dari sisi cultural value, kreativitas Jember Fashion Carnaval sudah layak pula dijadikan sebagai magnet untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman). Namun dari sisi commercial value dan financial value masih belum terlalu menarik karena belum bisa dikapitalisasi dengan baik. Sejalan dengan dijadikannya Jember sebagai Kota Karnaval berkelas dunia, sisi nilai komersial dan finansialnya dapat dinaikkan.

Dalam nilai budaya, kreativitas Jember Fashion Carnaval sudah diakui dunia yang terbukti dengan diraihnya sederet penghargaan internasional sebagai best national costume dengan inspirasi dari berbagai daerah di Tanah Air yakni:

  • kostum Bali menyabet best national costume mister International di Indonesia tahun 2010.
  • Kostum Toraja Karembau (best national costume man huni international) tahun 2011 di Korea Selatan
  • Kostum Papua (best national costume mister Universe model) di Republik Dominica
  • Kostum Borneo (best national costume miss supranational) tahun 2014 di Polandia.
  • Kostum Lampung (best national costume miss international) tahun 2014 di Jepang
  • Kostum Toraja Tongkonan (best national costume miss supranational) 2015 di Polandia.
  • Kostum Borobudor (best national costume miss universe) 2015 di Florida Amerika Serikat
  • Kostum Betawi (best national costume miss tourism international) 2016 di Malaysia
  • Kostum Garuda (top 5 national costume miss universe) 2016 di Filiphina.

Jember Fashion Carnaval akan kembali digelar pada 9-13 Agustus 2017 dengan tema “Victory Unity in Diversity“. Tema Victory berarti kemenangan, dengan sub tema Unity in Diversity adalah kesatuan dalam keberagaman. Tema ini menggambarkan semangat yang seharusnya dimiliki Indonesia pada saat ini.