Indonesia Raih Penghargaan Sebagai Destinasi Wisata Selam Terbaik

Penghargaan Destinasi Wisata Selam Terbaik
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat menerima penghargaan dari Dive Magazine [Istimewa]

NEWSWANTARA – Dive Magazine yang berpusat di Inggris baru-baru ini memberikan penghargaan kepada pariwisata Indonesia sebagai Destinasi Wisata Selam Terbaik (Best Destination dan Best Dive Center or Resort) dalam ajang Dive Travel Award 2017.

Pada pemungutan suara yang digelar 1-31 Oktober lalu, ada tiga jenis kategori yang disodorkan ke khalayak untuk dipilih secara online, yakni: Best Dive DestinationBest Dive Center of Resort (Resor Selam Terbaik) yang dimenangkan oleh Siladen Resort and Spa di Bunaken, serta Best Liveaboard (Kapal Tinggal Terbaik).

Dari tiga kategori tersebut, Indonesia berhasil meraih posisi nomor satu di dua kategori, yakni sebagai Destinasi Wisata Selam Terbaik dan Resor Selam Terbaik. Dari hasil jajak pendapat tersebut, Indonesia merajai posisi 10 besar destinasi wisata selam terbaik mengalahkan rival kelas berat seperti Filipina, Azores, Meksiko, Maladewa, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji, dan Papua Nugini.

Di kategori Destinasi wisata Selam Terbaik ini, Indonesia mengantongi 1.067 suara atau 11,45% dari total 9.399 suara yang masuk. Adapun Filipina yang berada di peringkat kedua hanya meraih 749 suara atau 7,97%. Azores, kepulauan di Samudra Atlantik, menggaet 576 suara (6,13%). 

Pada kategori Resor Selam Terbaik 2017, Siladen Resort & Spa di Bunaken, Manado, Sulawesi Utara, terpilih menjadi juara. Resor yang berada di kawasan Taman Nasional Bunaken itu meraih 820 suara atau 26,31% dari total 3.117 suara. Peringkat kedua diduduki Helengeli Island Resort di Maladewa, tetapi raihannya hanya 469 suara.

Baca Juga

Tak hanya mampu merebut juara pertama dalam kategori Resort Selam Terbaik, berdasarkan survei online itu, tujuh dari 10 resort selam terbaik versi Dive Magazine ada di Indonesia. Wakatobi, misalnya, di urutan ketiga, disusul destinasi wisata selam lokal lainnya yang masuk jajaran Top 10, yaitu Lembeh Resort, Misool, Papua Paradise, Atlantis Diving Centre, dan Blue Corner Dive.

Potensi wisata selam di Indonesia memang sudah tersohor di dunia. Bukan hanya kali ini saja destinasi selam di Indonesia diganjar penghargaan bergengsi dari banyak instansi di dunia. Dunia sudah banyak yang mengetahui bahwa surga bawah laut banyak tersebar di Indonesia.

Dalam ulasannya, Dive Magazine menulis, bahwa Indonesia benar-benar menjadi favorit juara. Bahkan sejak awal dilakukannya voting, Indonesia sudah mengumpulkan 1,076 suara dari total 9,399 suara, atau mendapatkan 11,45 persen.

Dengan modal 17 ribu pulau yang dimiliki, Indonesia memiliki ribuan spesies dan habibat dengan repeat visitor tertinggi. Dive Magazine menulis, Indonesia memiliki destinasi populer kekinian; Taman Nasional Komodo dan sampai hamparan pantai pasir hitam dan Pulau Lembeh di Bitung, Sulawesi Utara.

Dengan diraihnya penghargaan sebagai destinasi wisata selam terbaik, diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia semakin sadar wisata dengan ikut menjaga alam dan budaya Negara ini memang layak dibilang negara besar karena memiliki hal yang bisa membuat bangga!

Daftar lengkap pemenang di Dive Travel Award:

Best Destination

1. Indonesia
2. Filipina
3. Azores
4. Meksiko
5. Maldives
6. Mesir/Laut Merah
7. Bahamas
8. Thailand
9. Fiji
10. Papua New Guinea

Best Dive Center or Resort

1. Siladen Resort and Spa, Bunaken, Indonesia
2. Oblu Heneli, Maldives
3. Wakatobi, Indonesia
4. Lembeh Resort, Indonesia
5. Atmosphere Dauin, Filipina
6. Misool, Indonesia
7. Papua Paradise, Indonesia
8. Atlantis Diving Centre, Indonesia
9. Blue Corner Dive, Indonesia
10. Aiyanar, Filipina

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz