Battle of Surabaya, Bukti Animator Indonesia Pantas Diperhitungkan di Dunia Internasional

Battle of Surabaya
Cuplikan scene di film Battle of Surabaya

NEWSWANTARA – Ajang Milan International Filmmaker Festival 2017 merupakan rangkaian festival film bergensi di lima kota Eropa. Milan International Filmmaker Festival merupakan bagian dari The Film Festival International. Tidak hanya berkutat dalam kompetisi sinema terbaik, festival film ini juga menjadi ajang temu bisnis pelaku industri film dunia.

Milan International Filmmaker kali ini menorehkan cerita bagi sineas muda Indonesia. Battle of Surabaya garapan MSV Pictures terpilih sebagai film animasi terbaik. Hal ini menjadi bukti sineas Indonesia di kancah perfilman internasional bahwa Indonesia pantas diperhitungkan sebagai animator kelas dunia.

Dalam kesempatan itu pihak produser film Battle of Surabaya, MSV Pictures berhalangan hadir, diwakili oleh Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Italia untuk menerima piala. Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani sangat bangga atas pencapaian sineas muda Indonesia.

Penyelesaian Battle of Surabaya melibatkan 180 animator Indonesia yang berasal dari para alumnus, para dosen, animator-animator profesional, serta para mahasiswa AMIKOM. Hingga film animasi Battle of Surabaya berhasil diputar melalui bioskop, film ini sudah meraih berbagai prestasi.

Penghargaan dari ajang International Movie Trailer Festival 2013 serta Annual Golden Trailer Award 2014 berasil disabetnya kala itu. Film ini menjadi featured film animasi 2D pertama yang berhasil diproduksi di dalam negeri. Bahkan ketika tayang di bioskop hampir bersamaan dengan film Inside Out, yang notabene merupakan produksi Pixar.

Film Battle of Surabaya mengambil latar belakang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Selain memenangkan berbagai penghargaan, film ini juga dilirik oleh Walt Disney Pictures. Pencapaian yang merupakan pengakuan atas keunggulan kemampuan anak bangsa di bidang film animasi, sekaligus mencerminkan kemajuan industri kreatif Indonesia.


Di olah dari berbagai sumber

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz