helikopter militer PT DI
Helikopter EC725 Cougar yang dibuat dan dirakit di PT Dirgantara Indonesia pesanan TNI AU [Tribun Jabar/Teuku Muh Guci S]

NEWSWANTARA – Dalam rangka untuk mewujudkan kemandirian pertahanan nasional Indonesia harus mampu mengembangkan sebuah produk industri strategis dalam bidang pertahanan. PT Dirgantara Indonesia (DI) adalah salah satunya yang merupakan ikon industri kedirgantaraan Indonesia yang telah banyak mendesain berbagai macam pesawat dan merakit pesawat pesanan beberapa negara di dunia.

Pesawat jenis CN 235 dan CN 295, merupakan desain asli anak bangsa yang dalam produksinya bekerjasama dengan Airbus. Bahkan, PT DI sedang merancang jenis pesawat baru CN 245. Hanya saja, hingga kini, PT DI belum bisa mendesain jenis pesawat seperti helikopter.

Saat ini PT DI tengah mengembangkan sebuah produk helikopter untuk kepentingan militer pesanan Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Pemesanan helikopter tersebut untuk memenuhi kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia saat ini.

PT Dirgantara Indonesia dinilai sangat mampu mendesain dan memproduksi helikopter sendiri untuk mewujudkan kemandirian pertahanan nasional. Bukan suatu hal yang tidak mungkin, dengan dukungan penuh pemerintah terhadap industri pertahanan kedepannya PT DI siap memproduksi helikopter sendiri

Sudah banyak helikopter yang terbang perdana dari pabrik PT DI di Bandung. Hanya saja helikopter ini merupakan desain dari beberapa produsen helikopter dan kemudian PT DI hanya merakitnya.

Tidak mudahnya PT DI mendesain helikopter, dikarenakan pesawat jenis rotary tersebut banyak memiliki varian. Berbagai produsen helikopter seperti Bell, Eurocopter sudah memiliki banyak varian, sehingga pasar yang harus dihadapi sangat kompleks.

Saat ini PT DI juga sudah bekerjasama dengan beberapa produsen helikopter untuk bisa merakit di Bandung. Beberapa pasar di ASEAN bisa menjadi lahan PT DI mengingat akan lebih efisien.

Mengenai kualitas produk helikopter yang dirakit PT DI, diklaim sama dengan yang dirakit di pabrik masing-masing. Bahkan kualitas helikopter jenis EC-725 Cougar tidak kalah jika dibandingkan dengan helikopter jenis AW-101.

Dengan begitu, bukan suatu hal yang tidak mungkin dengan dukungan penuh pemerintah PT DI mampu mendesain dan memproduksi helikopter sendiri. Kualitas produk helikopter yang dirakit PT DI sekaligus untuk mempromosikan kepada dunia atas karya anak bangsa. Indonesia pun bisa membuat alutsista dengan teknologi canggih untuk pertahanan dalam negeri.

Berikan Komentar Anda

avatar