Panser Anoa, Kendaraan Tempur Karya Anak Bangsa

pict : militerhankam.com

NEWSWANTARA – Panser Anoa, kendaraan militer lapis baja karya teknologi yang telah berhasil dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa dalam bidang pertahanan militer yang hasil produksinya telah diakui di dunia internasional.

Panser anoa merupakan hasil produksi PT Pindad sebagai industri pertahanan dalam negeri yang hingga saat ini sudah menggunakan hampir 65 persen komponen dalam negeri, seperti suspensi dan body hull di desain dan di produksi PT Pindad sendiri.

Nama Anoa diambil dari salah satu jenis kerbau asli Indonesia, yang merupakan satwa khas Sulawesi Tenggara. Debut kendaraan pengangkut pasukan tersebut pada 9 April 2010. Saat itu 13 panser buatan anak bangsa tersebut dikirim untuk misi perdamaian Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di Lebanon bersama Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL.

Kemudian pada 15 November 2011, Panser Anoa 6×6 yang dilengkapi senapan mesin berat 7.62 mm, digunakan untuk patroli dan penjagaan KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali. Panser ini juga dipakai Paspampres untuk pengawalan kunjungan-kunjungan presiden.

pict : itoday.co.id
pict : itoday.co.id

Panser Anoa sendiri memiliki lima jenis yakni, Anoa 6×6 RCWS, Anoa 6×6 Recovery, Anoa 6×6 APC, Anoa 6×6 Ambulance, dan Anoa 6×6 Logistic. Semua tipe Anoa 6×6 dilengkapi dengan peralatan standar Winch 6 ton, Pioneer Set, Pemadam Kebakaran, Penyejuk Udara atau AC, Toolkit Pengemudi, Lampu-Peta, Jaring Kamuflase, Hydraulic Rear Rampdoor System, Smoke Grenade Dischargers caliber 66 milimeter.

 Selain itu dilengkapi dengan sistem komunikasi AM, FM Radio dan Intercom Set 2x12V-100 Amp baterai , GPS, NVG, Add -on Keramik lapis baja Armament ; RCWS-Cal 7,62 / 12,7 mm Remote Control Weapon System). Senjata di bagian belakang Senapan Mesin Ringan 7,62 mm. Panser tersebut dijejali dengan mesin Diesel Turbo Charger Inter Cooler yang sudah memenuhi standar EURO-3, 6 Cylinders Inline 320 Horse Power 2.300 rpm dan Water Cooling.

saat ini panser anoa sudah dikembangkan sebagai Kendaraan tempur yang tangguh di segala medan. Selain di darat, panser ini bisa berjalan di atas permukaan air. karena kendaraan 6×6 ini dilengkapi dua water jet di bagian buritan. yakni panser anoa amfibi.

Dengan medan bervariasi panser anoa amfibi sangat cocok dengan wilayah NKRI yang beragam. Mulai dari daratan perbukitan dan pegunungan, daerah rawa, hingga sungai, danau, dan laut. sehingga hal tersebut semakin menambah daya gerak atau mobilitas prajurit di lapangan.


Sumber : pindad

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz