NEWSWANTARA – Luasnya lautan Indonesia membutuhkan pengawasan yang mampu untuk menjangkau hingga pulau terluar di wilayah teritorial NKRI. Mempertahankan kedaulatan bangsa sudah menjadi harga mati dalam menjaga kewibawaan bangsa.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, dibutuhkan suatu sistem yang baik dalam pengawasan batas wilayah kepualaun di Indonesia. Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Indonesia mulai mengembangkan sistem pemantauan perairan Indonesia yang dinamakan dengan Monalisa system.

Monalisa system merupakan sistem yang terintegrasi dengan satelit dan pemancar guna untuk melihat pergerakan kapal yang ada di perairan Indonesia. Pengembangan site mini ini merupakan hasil kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Swedia.

Selain dapat memantau pergerakan kapal, Monalisa System juga dapat memonitoring track record kapal yang bermasalah. Monalisa system mengadopsi konsep pengaturan lalu lintas dengan menerapkan filosofi Segitiga Helix, di mana industri, akademisi, dan pemerintah bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

Sistem ini bertujuan memberikan kontribusi nyata untuk transportasi maritim yang efisien, aman dan ramah lingkungan. Melihat luasnya lautan Indonesia yang harus dijangkau dan lalu lintas laut yang sangat kompleks membutuhkan suatu sistem yang terintegrasi dalam memaksimalkan potensi maritim Indonesia.

Untuk itu dibutuhkan koordinasi yang sinergis antara pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dalam mengoptimalkan perairan Indonesia. Dalam hal ini yang menjadi penanggung jawab keamanan laut seperti TNI Angkatan Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Bea dan Cukai, serta Polisi Air.

Data yang termonitoring akan di publikasikan Bakamla kepada pemangku kepentingan yang bertanggung jawab terkait keamanan laut. Bakamla atau Indonesia Coast Guard merupakan badan yang dibentuk dengan tujuan pengamanan dan keselamatan perairan Indonesia.

Kapal Indonesia Coast Guard. Sumber: detik.com
Kapal Indonesia Coast Guard. Sumber: detik.com

Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) atau Indonesia Coast Guard merupakan lembaga non pemerintah dibawah kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan dibentuk berdasarkan amanat UU Nomor 32/2014 tentang Kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178/2014.

Negara Indonesia yang memilki garis pantai terpanjang ke dua setelah Kanada sudah semestinya memiliki Coast Guard. mengingat apa yang dimiliki Indonesia sangat penting untuk dijaga. Untuk itu peran Bakamla atau Indonesia Coast Guard harus didukung dengan sistem yang mumpuni seperti Monalisa system yang dimilki saat ini.

Inovasi pengamanan maritim Indonesia harus didukung dengan kemampuan inovasi dalam negeri untuk tidak bergantung pada Negara lain khususnya dalam pengembangan teknologi.

sebagai langkah kedepannya, Bakamla akan mengembangkan teknolgi pemantau perairan Indonesia lewat kerja sama dengan beberapa universitas seperti ITB, ITS, dan lembaga pemerintah yakni LIPI.

Adanya sistem ini diharapkan dapat membantu dalam pengawasan perairan di Indonesia. Monalisa system juga dapat memberi informasi kepada nelayan dalam meningkatkan produktifitas para nelayan, hingga nantinya dapat menjaga keamanan dan meningkatkan produktifitas hasil dari perairan di Indonesia dalam memaksimalkan potensi maritim Indonesia.

Berikan Komentar Anda

avatar