Pada 2019 Pemkab Jepara Akan Gratiskan Retribusi Wisata

benteng portugis
Benteng Portugis, salah satu destinasi wisata di Jepara yang akan digratiskan retribusinya

NEWSWANTARA – Bagi anda yang gemar berwisata khususnya di Kabupaten Jepara bisa jadi akan semakin senang, pasalnya mulai 2019 mendatang Pemerintah Kabupaten Jepara akan menggratiskan retribusi masuk tempat wisata yang dikelola Pemkab.

Beberapa objek wisata yang akan digratiskan retribusinya antara lain, Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan Benteng Portugis.

Berwisata ke Pantai Bandengan yang merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Jepara karena sering dipakai untuk festival layang-layang regional, nasional hingga internasional itu bakal makin menyenangkan.

Begitu juga Pantai Kartini, destinasi menuju Karimun Jawa dan juga Pulau Panjang, juga bakal makin fun. Benteng Portugis juga tak kalah ketinggalan, destinasi yang kaya dengan sejarah dan pemandangan bukit dan juga batu sedimen unik. Semua aset wisata yang dikelola Pemkab Jepara itu akan digratiskan untuk umum.

Dengan digratiskan retribusinya tempat-tempat wisata tersebut memang akan mengakibatkan kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari estimasinya, ada potensi kehilangan pendapatan daerah sekitar Rp 3,6 miliar setahun.

Meskipun demikian, dengan digratiskan retribusi tempat-tempat wisata tersebut Pemerintah Daerah meyakini jika kebijakan ini juga akan meningkatkan pendapatan dari sektor pajak. Teori Menpar Arief Yahya berupa ciptakan More for Less, you get more you pay less yang ditulis di buku Paradox Marketing akan diimplementasikan di Jepara.

Pemkab Jepara ingin menggenjot kunjungan wisatawan. Ketika wisatawan yang datang banyak, tentu sektor-sektor lain akan terdorong untuk bergerak. Memang ada potensi kehilangan Pendapatan Asli Daerah. Tapi itu akan tertutupi dari pajak dari sektor lain seperti rumah makan hingga hotel.

Tidak hanya itu, dengan makin melonjaknya wisatawan, ini akan mengakibatkan pemerataan ekonomi juga bagi sektor UMKM Jepara. Mulai dari pengrajin, pengusaha kuliner, pengusaha oleh-oleh dan lainnya akan makin terserap produknya.

Bila rencana untuk menggratiskan retribusi wisata tersebu terealisasi, dampaknya diyakini akan sangat dahsyat. Selain bisa mengambil point di services yang lain, destinasi wisata di Jepara makin lama makin populer dan makin ngehits di kalangan wisatawan. Kalau sudah ramai dan terjangkau, itu kemudian akan menjadi basic need atau kebutuhan dasar orang untuk jalan-jalan ke Jepara.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz