Menjawab Tantangan Zaman Dengan Teknologi

Sumber: androfern.com

NEWSWANTARA – Perkembangan teknologi yang semakin pesat tidak bisa dipisahkan dari aktivitas dunia modern. Pertumbuhan yang terjadi membawa dampak bagai dua mata pisau. Dengan teknologi sebuah inovasi dapat diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia.

Teknologi mampu memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Namun, disisi lain perkembangan teknologi yang semakin pesat juga dapat mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.

Menjawab tantangan zaman dengan menyikapi perkembangan teknologi seyogyanya dilakukan dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada. Khususnya dengan Indonesia, negeri dengan sejuta potensi yang menunggu untuk dioptimalkan oleh segenap anak bangsa.

Teknologi yang ada saat ini merupakan hasil dari eksperimen yang dilakukan oleh generasi yang sadar akan teknologi. Generasi yang membutuhkan perubahan dari pertumbuhan dunia yang kian pesat harus direspon dengan inovasi.

Teknologi anak bangsa pun tidak kalah dengan kemajuan teknologi negara Eropa. Inovasi anak bangsa tidak kalah hebatnya dengan inovasi di negara-negara maju. Invovasi anak bangsa bahkan sudah banyak yang tercatat pada kompetisi internasional.

Sebuah pencapaian yang patutnya dikembangkan untuk kelanjutan generasi selanjutnya, mengingat permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia makin hari kian mendesak. Perkembangan teknologi sekarang ini memberi dampak terhadap adanya permasalahan baru.

Permasalahan yang dialami oleh Indonesia makin dinamis. Perubahan yang terjadi makin cepat, permasalahan pun makin runyam. Permasalahan yang harus diselesaikan dengan kondisi yang ada pada saat ini.

Permasalahan transportasi misalnya, suatu permasalahan kompleks yang kini menghantui kota-kota besar di Indonesia. Kemacetan yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia kian parah. Pertumbuhan kendaraan yang tidak sejalan dengan penambahan luas jalan. Tingginya pemakaian kendaraan pribadi memaksa setiap orang memikirkan solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut.

Mencoba keluar dari stigma ‘anti kendaraan umum’ dimana pada saat itu kendaraan umum dianggap memiliki kualitas dibawah standar, sistem aplikasi ojek online muncul guna mematahkan persepsi mengenai ojek.

Adanya ojek online mampu membawa perspektif baru bagi ojek di Indonesia. Pengemudi ojek online sekarang ini bahkan diisi oleh mahasiswa yang mengisi waktunya disela kesibukannya sebagai mahasiswa.

Sebelumnya pun tidak lupa dari ingatan bangsa Indonesia. Putra-putri bangsa menjadi bahan pertimbangan dunia internasional dalam bidang kedirgantaraan. B.J Habibie sebagai penggagas pesawat N250 menjadi bukti nyata bahwa bangsa Indonesia mampu bersaing di bidang teknologi.

Pesawat buatan asli putra-putri bangsa menjadi ingatan yang harus dipulihkan sekarang ini. Satu dari sekian banyaknya inovasi yang perlu dibanggakan untuk nasib generasi penerus bangsa.

Memiliki sekitar 250 juta jiwa menjadi modal penting bangsa Indonesia untuk menyikapi persaingan global. Pesatnya perkembangan teknologi diharapkan dapat memperluas akses hingga meningkatkan mobilitas masyarakat untuk mengenal lebih jauh esensi dari teknologi.

Teknologi bukan hal yang tabu pada dunia sekarang. Istilah yang baru diperkenalkan awal tahun 2000 dalam memasuki era millenia. Jauh sebelumnya teknologi itu ada untuk keluar dari permasalahan.

Suatu cara untuk memecahkan permasalahan atau memudahkan permasalahan yang ada dengan cara menyederhanakannya. Itulah mengapa adanya teknologi sekarang ini bisa mempermudah untuk keluar dari permasalahan yang dihadapi bangsa.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz