Potensi Bahari Semenanjung Utara Sulawesi

NEWSWANTARA – Bukan hanya sebatas Bunaken yang telah dikenal dengan keindahan bawah lautnya. Bunaken yang menjadi icon wisata tanah Minahasa, Bunaken yang telah dikenal oleh dunia dengan ditetapkan sebagai taman bawah laut oleh UNESCO.

Tarletak di semenanjung utara Pulau Sulawesi, tepatnya di Provinsi Sulawesi Utara dengan Manado sebagai ibukotanya merupakan kota yang memiliki garis pantai sepanjang 18,7 kilometer. Kota ini juga dikelilingi oleh perbukitan dan barisan pegunungan.

Memiliki garis pantai yang terbentang di semenanjung utara Pulau Sulawesi, melihatnya sebagai potensi bahari yang dimiliki merupakan salah satu bagian kekayaan alam yang ada di Indonesia. Kelimpahan akan potensi bahari yang tersedia di Sulawesi Utara sangat potensial untuk dikembangkan.

Salah satu wisata bahari yang menjadi daya tarik wisatawan masih dipegang oleh Bunaken. Bunaken menjadi primadona diantara kelima pulau yang ada di Taman Laut Nasional Bunaken. Taman Laut Nasional Bunaken Terdapat 5 pulau yang termasuk dalam taman nasional yaitu Pulau Naen, Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage beserta anak pulau yang di sekelilingnya.

Pulau Siladen dikenal dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Pulau Siladen ini terletak di sebelah timur Pulau Bunaken. Dari pelabuhan Manado, memakan waktu sekitar 45 menit perjalanan laut ke Pulau Siladen.

Salah satu objek wisata di Manado ini memiliki spot penyelaman paling menarik di lokasi bernama Siladen 1 dan Siladen 2. Pulau Siladen ini telah difasilitasi juga dengan resort dan homestay. berkeinginan untuk menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat menjadi alasan untuk dijadikan opsi yang layak dipertimbangkan.

Pulau Manado Tua, pict : tantular.com
Pulau Manado Tua, pict : tantular.com

Selain kelima pulau yang terdapat di Taman Laut Nasional Bunaken, terdapat juga Tumbak. Untuk masyarakat Sulawesi Utara mungkin masih asing bagi mendengar kata Tumbak. Jangankan yang dari luar Sulawesi Utara, masyarakat Sulawesi Utara sendiri masih kurang begitu mengenal dengan pulau yang menyimpan potensi wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui. Pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Keindahan bawah laut di Tumbak tidak kalah mengagumkan dengan keindahan taman laut Bunaken yang sudah sering didengar. Namun keindahan alam diatas laut berupa pulau-pulau kecil berpasir putih menjadi nilai lebih yang tidak dimiliki oleh Bunaken. Pulau Tumbak di Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara. Untuk lebih menikmati keindahan alam di Tumbak ada baiknya anda berada di Pulau ini minimal 2 hari.

Saat melihat keindahan bawah laut dengan snorkling maupun diving mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang begitu indah dengan ratusan spesies ikan dengan beragam jenis seperti common lionfish, banggai, nudibranch, cardinalfish, clownfish, napoleon, angelfish, surgeonfish, unicornfish, morish idol, damselfish, groupers, parrotfishes, zebra lionfish, lizardfishes dan masih banyak lagi. Selain itu anda juga bisa melihat beragam bintang laut yang begitu indah dengan berbagai macam warnanya.

Seakan tidak habisnya destinasi bahari yang ditawarkan Sulawesi Utara seperti halnya  Pulau Lihaga. Secara administrasi Pulau Lihaga berada di Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara. Keindahan bawah laut seakan menjadi istilah ‘menjual’ Sulawesi Utara dengan aktivitas snorklingnya.

Pemandangan bawah laut disekitar Pulau Lihaga tidak kalah cantiknya dengan Taman Laut Bunaken yang sudah tersohor. Walaupun pulau ini tidak berpenduduk namun telah difasilitasi dengan tersedianya toilet dan ruang ganti. Bahkan pulau ini telah memiliki bangunan dari kayu yang cukup besar.

Jika berkeinginan untuk menginap di Pulau Lihaga, bisa menggunakan fasilitas pribadi tanpa khawatir dipungut bayaran lagi. Karena keindahan alam yang begitu mengagumkan, Pulau Lihaga menjadi salah satu lokasi favorit fotografer. Tempat yang sangat nagih untuk dieksplor hingga mempu mnghasilkan candu untuk kembali mengunjungi kembali.

Pulau lihaga, pict : netizen.or.id
Pulau lihaga, pict : netizen.or.id

Sulawesi Utara merupakan salah satu dari 7 provinsi kepulauan yang terdiri dari 258 pulau dan 11 di antaranya berbatasan langsung dengan negara Filipina dan Laut Pasifik. Kondisi geografis yang dimiliki Sulawesi Utara memberikan panorama alam yang takjub untuk disaksikan dengan mata telanjang.

Potensi yang dimiliki Sulawesi Utara sangat memungkinkan untuk dikembangkan mengingat potensi yang dimiliki begitu kaya. Tidak hanya Bunaken, yang lebih dikenal dari pulau yang ada Sulawesi Utara. Kelima pulau yang termasuk dalam Taman Laut Nasional Bunaken seperti Pulau Naen, Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, dan Pulau Mantehage berpotensi untuk dapat diintegrasikan menjadi suatu ekowisata yang potensial.

Wisata Pasir Timbul, keindahan pasir putih di tengah laut, dekat Pulau Nain. Source : wisatamenado.blogspot.co.id
Wisata Pasir Timbul, keindahan pasir putih di tengah laut, dekat Pulau Nain. Source : wisatamenado.blogspot.co.id

Alam bawah laut yang menjadi nilai jual tidak kalah dengan ikon utama (pulau bunaken) yang menjanjikan harapan untuk bisa mengoptimalkan wisata di Indonesia.

Ekowisata yang nantinya akan menggerakkan ekonomi hingga mampu memberi nilai ekonomis kepada masyarakat sekitar diharapkan mampu sejalan dengan keindahan alam yang dimiliki untuk harapan dalam merealisasikannya. Dimana keindahan alam yang dimiliki provinsi terujung di Pulau Sulawesi, potensinya yang sangat kaya dan sangat mungkin untuk dimaksimalkan.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz