Mutiara Khatulistiwa Pada Kalimantan Barat

Pict : sabrawandi.wordpress.com

NEWSWANTARA – Pulau Karimata berada di selat perairan antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera. Gugusannya terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta beberapa pulau kecil nan memesona, di antaranya Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera.

Kekayaan yang berada diperut bumi, didasar laut dan didaratan belum diketahui secara pasti dan ini merupakan potensi alam yang belum tergarap yang memungkinkan untuk di explore lebih jauh. Pusat pemerintahan kecamatan terletak di Tanjung Satai yang termasuk dalam gugusan Pulau Maya.

Untuk menuju ke kecamatan ini hanya dapat dilalui dengan kendaraan air, berupa kapal kelotok, speed boat, dan perahu layar. Demikian juga hubungan antar desa yang terdiri dari pulau-pulau, sangat tergantung dengan transportasi air. Namun bila musim angin besar kapal kapal kecil agak sulit untuk melintasan kawasan pulau-pulau ini, terutama pada saat angin Barat dan Angin Selatan.

Letak kecamatan Tanjung Satai cukup strategis di antara selat Karimata dan Laut Cina Selatan, sehingga merupakan tempat pelayaran antar pulau dan antar negara. Beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Jepang memanfaatkan pelayaran melalui selat Karimata untuk jalur perdagangan.

Pada zaman penjajahan Belanda kawasan ini merupakan jalur perdagangan dari Tiongkok menuju Eropa, oleh karena itu lintasan ini sering juga disebut lintasan segitiga emas antara Kalimantan, Johor dan Singapura. Di kawasan ini juga terdapat kawasan Cagar Alam Pulau Maya Karimata yaitu merupakan kawasan perlindungan alam yang terletak di selat Karimata yang berdekatan dengan Laut Cina Selatan dan Pulau Kalimantan.

Nelayan di Kepulauan Karimata. Pict : sugengmoelyono.blogspot.com
Nelayan di Kepulauan Karimata. Pict : sugengmoelyono.blogspot.com

Kawasan ini meliputi hutan pantai, hutan berkarang, luasnya mencapai 105.000 ha, secara administratif merupakan wilayah Kecamatan Pulau Maya Karimata – Kabupaten Ketapang – Kalimantan Barat. Kepulauan Karimata memiliki pesona yang lebih dari cukup untuk menggelar kegiatan berskala nasional bahkan internasional. Dengan 77 ribu hektar luas perairannya berstatus Suaka Alam Laut (SAL).

Keindahan bawah lautnya belum banyak dikenal para pehobi underwater di Indonesia. Di samping eksotisme taman lautnya, potensi lanskap kepulauan yang dihuni lebih dari 1.400 jiwa ini pun menawarkan pesona yang tidak kalah menawan.

Karimata, dan mungkin juga tempat wisata indah lain di tanah air, masih terbalut kesulitan klasik, yakni sulit dijangkau dan mahal. Akses yang terbatas dan minimnya informasi mengenai potensi pariwisata menjadi salah satu kendala selama ini menurut Yuliandi, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kayong Utara pada salah satu media online.

Latar belakang Kepulauan Karimata yang manarik untuk ditelisik lebih jauh lagi menumbuhkan rasa penasaran untuk di ikuti. Cerita yang terbentuk dari peradaban masa lampau akan kejayaan Kepulauan Karimata menyimpan sebuah history untuk terus digali.

Menggali lebih jauh akan kejayaan Kepulauan Karimata hingga potensi yang dimiliki kepulauan Karimata pantas untuk ditetapkan sebagai destinasi unggulan. Kepulauan yang kini masih sulit dijangkau diharapkan kedepannya bisa dikenal dengan potensi bahari sebagai opsi destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz