Mewujudkan Harapan Sebagai Eksportir Hasil Laut Terbesar Dunia

Potensi hasil laut Indonesia
Potensi hasil laut Indonesia [Berkeleywellness.com]

NEWSWANTARA – Indonesia dikenal sebagai negara maritim terbesar dengan sejuta potensi yang tersimpan di dalamnya. Kekayaan laut Indonesia yang memiliki luas mencapai 2/3 dari luas keseluruhan wilayah Indonesia belum sepenuhnya teroptimalkan.

Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia serta menyimpan kekakayaan laut yang sangat melimpah yang menjadi tempat tinggal ekosistem laut. luas lautan indonesia sebesar 70% dari total wiliayah luas Indonesia. 2500 jenis ikan dan 500 jenis karang hidup didalamnya bahkan bisa melampauhi dari data yang ada.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah 1,9 juta M2, tidak perlu untuk diragukan lagi, Indonesia memiliki potensi hasil laut yang cukup besar. Hasil laut Indonesia bahkan telah berkontribusi terhadap industri perikanan dunia. Ekspor hasil laut Indonesia sebagian besar didominasi oleh udang, teri, rumput laut, ikan tuna dan kepiting.

Menurut data dari badan PBB bidang pangan dan pertanian (FAO) tahun 2014 indonesia masuk dalam daftar 10 Negara penghasil ikan terbesar di dunia. Indonesia berada di posisi kedua setelah Tiongkok dengan produksi 6 juta ton ikan disusul Amerika Serikat, Rusia dan Jepang.

Baca Juga:

Negara-negara yang merupakan importir ikan terbesar Indonesia adalah Tiongkok, Thailand dan Jepang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), volume ekspor terbesar Indonesia pada 2014 adalah sekitar 344.374 ton ke Tiongkok, sementara nilai ekspor perikanan nasional antara Januari sampai Desember 2016 adalah 4 juta dolar Amerika.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan angka ekspor hasil laut Indonesia ini naik 5,8% dari periode yang sama pada 2015. Ekspor pun meningkat ke beberapa negara tujuan seperti, Tiongkok, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Akan tetapi, harapan untuk menjadi eksportir nomor satu di dunia masih sulit terealisasi, Indonesia masih harus menghadapi sejumlah kendala antara lain, maraknya pencurian ikan di laut dan merosotnya jumlah nelayan di wilayah Indonesia.

Banyak kalangan berharap sektor Perikanan Indonesia dapat segera bangkit. Dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak dan tindakan tegas pemerintah agar negara kepulauan terbesar di dunia ini mampu menjadi eksportir hasil laut terbesar di dunia.

Berikan Komentar Anda

avatar