Mengukur Potensi Ikan Tuna di Indonesia

Pict : kemenperin.go.id

NEWSWANTARA – Hamparan pasir membentang dari sabang sampai marauke, garis pantainya terpanjang kedua di dunia setelah kanada sepanjang 99.093 km, Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia serta menyimpan kekakayaan laut yang sangat melimpah yang menjadi tempat tinggal ekosistem laut. luas lautan indonesia sebesar 70% dari total wiliayah luas Indonesia. 2500 jenis ikan dan 500 jenis karang hidup didalamnya bahkan bisa melampauhi dari data yang ada.

Laut Indonesia letaknya yang strategis menjadi koridor penting bagi migrasi ikan paus. Terumbu karang indonesia yang termasuk ke dalam wilayah triangel coral reef. Coral Triangle adalah kawasan dengan tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia mencakup enam negara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, Kepulauan Solomon).

Laut indonesia menyimpan banyak potensi yang belum teroptimalkan. Di dalam lautan Indonesia tersimpan potensi perikanan yang cukup besar salah satunya adalah ikan tuna. Didukung wilayah geografis yang mencakup dua samudra kunci (hindia dan pasifik). Untuk perikanan ikan tuna, Indonesia menjadi negara penting bagi sektor perikanan tuna global  baik dari sisi sumber daya, habitat dan juga perdagangan.

Berdasarkan data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2014 saja tercatat bahwa, Indonesia merupakan negara dengan potensi tuna tertinggi di dunia. Total produksi tuna mencapai 613.575 ton per tahun dan nilai Rp 6,3 triliun. Ikan tuna adalah salah satu ikan yang paling banyak dicari negara lain seperti Jepang, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Nelayan tradisional menangkap tuna di laut di sekitar Manado, pict : wwf.panda.org
Nelayan tradisional menangkap tuna di laut di sekitar Manado, pict : wwf.panda.org

Laporan Organisasi Pangan dan Pertanian Food and Agriculture Organization (FAO) menganalisa data industri perikanan global. Laporan ini menemukan bahwa konsumsi ikan per kapita kini berada pada tingkat tertinggi. Rata-rata warga dunia melahap 19,2 kilogram ikan setiap tahunnya. Pada tahun 2018 jumlah konsumsi ikan diperkirakan akan melebihi ikan tangkap.

Meningkatnya jumlah permintaan, mengingat kandungan nutrisi yang terkandung pada ikan merupakan sumber protein dan mikronutrien untuk keseimbangan gizi. Terkait potensi ke depan, Vietnam dan Thailand merupakan pesaing baru yang tidak bisa diremehkan selain Korea, China dan Jepang sebagai pelaku lama.

mengukur pada luas wilayah, laut Thailand 30 kali lebih kecil bila dibandingkan luas laut Indonesia. Thailand hanya mempunyai luas laut 205.600 km2 sedangkan luas lautan Indonesia mencapai 5,8 juta km2. Tetapi siapa sangka, Thailand adalah raja eksportir ikan tuna terbesar di dunia mengalahkan Indonesia.

Indonesia yang memiliki luas laut mencapai 2/3 luas wilayahnya, yakni sebesar 5,8 juta km2 dan panjang pantai sekitar 99.093 ribu km, Kementerian Kelautan dan Perikanan menggambarkan bahwa potensi sektor kelautan yang dimiliki oleh Indonesia sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Bukan tidak mungkin Indonesia mampu menjadi salah satu produsen tuna terbesar di dunia yang pernah melambungkan nama Indonesia dari hasil lautnya.

Di era 1990-an, Indonesia pernah menjadi raja eksportir tuna dunia, dengan jumlah tuna tangkapan yang tinggi. Namun sekarang, posisi itu ditempati oleh Thailand. kelangsung hidup ekosistem laut Indonesia akan sangat menentukan dalam pengoptimalan hasil lautnya. Laut Indonesia mampu menyerap 44% dari seluruh karbondioksida di atmosfer. Artinya sistem rantai makanan yang berada di laut berfungsi sebagai penyerap karbon.

Awal dari sistem rantai makanan itu adalah phytoplankton atau alga yang membutuhkan karbon dari gas karbondioksida untuk berfotosintesis. Karbon mereka serap dari atmosfer untuk tetap hidup dan menjadi makanan bagi ikan-ikan dan ikan menjadi makanan bagi manusia. Dengan kemampuan hidup menyerap karbondioksida inilah terjamin pula kelangsungan kehidupan di laut.

luas lautan Indonesia yang besar juga dinobatkan sebagai Coral Triangle berfungsi bagi ketahanan pangan dan keberlanjutan perikanan. pentingnya memelihara dan menjaga kehidupan laut membantu untuk keberlangsungan kehidupan mahluk hidup.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz