4G Harapan dari Indonesia

Profesor Khoirul Anwar Sang Penemu 4G, pict : radarkediri.co.id

NEWSWANTARA – Perkembangan teknologi dari masa ke masa kini semakin canggih dan menjadi berita yang menarik untuk terus di ikuti. Dengan adanya perkembangan teknologi ini di gunakan manusia dalam memenuhi kebutuhannya seperti penggunaan gadget untuk komunikasi jarak jauh dan sebagai hiburan, internet yang berguna untuk mengetahui informasi luar dan berbagai pengetahuan, dan lain sebagainya. 

Mungkin pada saat bersekolah dulu, pernah diajari tentang berbagai hasil penemuan yang mampu merubah dunia, mulai dari Thomas Alva Edison, Alexander Graham Bell, Michael Faraday dan penemu-penemu lainnya yang kesemuanya itu adalah penemu-penemu dari luar. Namun, penting untuk diketahui ternyata orang Indonesia pun banyak memiliki hasil karya dan temuan yang hingga saat ini banyak digunakan diseluruh dunia. Satu diantaranya Prof. Dr. Khoirul Anwar.

Prof. Dr. Khoirul Anwar adalah orang yang menemukan dan sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Khoirul Anwar yang pernah masuk acara Kick Andy yang tidak lain alumni Teknik Elektro ITB dengan cumlaude di tahun 2000, kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar master di tahun 2005 serta doktor di tahun 2008. Khoirul Anwar juga penerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) tahun 2006, di California. 

pict : digitalplatforms.co.za
pict : digitalplatforms.co.za

Bersama koleganya, Khoirul Anwar, alumni ITB kelahiran Kediri ini merombak pakem efisiensi alat komunikasi. Ia mematenkan temuannya seputar sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Atas karyanya, Khoirul Anwar mendapat penghargaan pada 2010, dari Institute of Electrical and Electronics Engineers Vehicular Technology Conference (IEEE VTC), Taiwan.

Dengan penemuan yang mampu membawa perkembangan baru dalam dunia teknolgi, diharapkan kedepannya akan semakin banyak penemuan-penemuan baru dari anak bangsa. Semakin banyak keterlibatan anak bangsa dalam kemajuan peradaban dunia, semakin besar harapan Indonesia untuk lebih dihargai di mata dunia. Kemajuan satu bangsa akan ditentukan dari kesediaan dalam terlibat langsung membangun bangsa. 

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz