Singgang, Khazanah Kuliner Kaya Rempah Khas Sumbawa

Pict : delimazamrud.my

NEWSWANTARA – Keberagaman rempah-rempah yang tersaji di alam Indonesia membuktikan bahwa Indonesia kaya akan berbagai macam kuliner khas. Pulau Sumbawa, salah satu bagian dari bumi nusantara yang memiliki khazanah kuliner yang sangat menggugah selera.

Salah satu khazanah kuliner itu adalah Singang, begitulah masyarakat di Sumbawa menamai masakan tradisional berbahan ikan segar ini. Ikan segar yang dibumbui dengan berbagai macam rempah tersebut selintas mirip dengan gulai ikan dan pindang dari Padang karena warna kuahnya yang sama.

Singgang merupakan salah satu resep kuliner khas nusantara yang terkenal, dengan resep turun-temurun khas orang Sumbawa, Lombok. Makanan ini berbahan dasar hasil olahan laut ikan segar–kakap, bandeng, tuna dan semacamnya yang dipadu dengan bumbu kuning, gurih, kaya rempah dan menggugah selera.

Menggunakan kunyit sebagai bumbu dan pewarna alami yang digunakan pada masakan, kuahnya yang terlihat sama namun bagi pecinta kuliner ketika mencicipinya akan merasakan rasa khas yang berbeda.

Warna kuah yang kekuningan dipadu dengan warna hijau daun kemangi dan warna merah cabe rawit, menjadikan menu masakan ini terlihat semakin segar. Sementara rasa kuah Singgang yang terasa agak asam karena menggunakan asam jawa, sehingga menambah kenikmatan rasa dari sajian khas yang satu ini.

Untuk bisa menikmati menu masakan ini di Sumbawa tidak terlalu sulit, karena cukup banyak warung makan di sumbawa yang menyajikan kuliner satu ini. Bagi yang berniat travelling ke Pulau Sumbawa, tak ada salahnya untuk mencicipi kenikmatan kuliner ini.

Cara membuatnya pun tidak begitu ribet bagi yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Dengan menyediakan ikan segar sebagai bahan dasar pembuatan Singang, ikan dipotong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian dicampur dengan bumbu yang telah disediakan.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan seperti cabe rawit,  bawang putih, bawang merah,  kemiri, kunyit untuk menghilangkan bau dan memberi warna masakan, asam Jawa secukupnya, minyak goreng secukupnya, daun kemangi, cabe rawit ijo dan air secukupnya.

Untuk memasaknya,  semua bumbu dihaluskan, kemudian campurkan asam Jawa dengan air putih. Setelah itu panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu hingga baunya harum. Selanjutnya, masukan air asam Jawa tunggu hingga mendidih, lalu masukan ikan hingga mengental.

Langkah berikutnya, masukkan cabe rawit kemangi ( tidak perlu terlalu lama), kemuadian diangkat dan dituangkan ke dalam mangkuk dan siap dihidangkan bersama nasi putih. Singgang akan terasa lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan panas.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz