Rahasia Dibalik Cita Rasa Kuliner Nusantara Yang Mendunia

kuliner nusantara
Keberagaman kuliner khas Nusantara [foodgateway]

NEWSWANTARA –¬†Dengan diakuinya¬†rendang sebagai salah satu makanan yang paling lezat diseluruh dunia seolah menjadi sebuah momen kebangkitan tersendiri bagi kuliner Nusantara. Tak hanya rendang, beragam kuliner tradisional dari Tanah Air lainnya juga seakan ingin menunjukkan taringnya ke kancah dunia. Mulai dari pemerintah, industri swasta, dan masyarakat pun saling bergandengan tangan untuk bisa memperkenalkan kuliner Indonesia.

Lantas apa sebenarnya yang membuat masakan khas Indonesia bisa disukai oleh kebanyakan orang diseluruh penjuru dunia?. Setidaknya ada empat hal yang membuat kuliner Nusantara begitu digemari hingga luar negeri.

  • Kaya akan cita rasa.

Jika kita berbicara mengenai makanan khas Indonesia, memang tidak jauh-jauh dari yang namanya cita rasa yang kaya. Dari Sabang hingga Merauke, dari mulai pedas, asin, dan berbagai rasa semua ada di negeri ini.

  • Diolah dengan cara yang unik.

Cara pengolahan makanan di Indonesia sendiri juga bermacam-macam dan melalui proses pengolahan yang unik. Ambil satu contoh, misalnya rendang yang menjadi makanan nomer 1 terenak di dunia. Mulai dari bahan olahan daging dengan rasa rempah yang khas, dan cara memasaknya yang memakan waktu yang cukup lama sehingga membuat bumbu rempahnya meresap dan tahan lama.

  • Penampilan yang menggoda.
Kuliner Nusantara kaya akan rempah

Kuliner Nusantara tak hanya sekadar menonjolkan rasanya yang khas, kuliner Indonesia juga memiliki penampilan yang menarik dengan warna-warni khas. Warna yang dihasilkan adalah berasal dari bahan yang alami sebut saja seperti rempah-rempah, warna cabai, hingga dedaunan hijau yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan bisa menggugah selera.

  • Selalu ada kisah di balik pembuatannya.

Selain ketiga hal di atas, ada satu hal yang membuat makanan Indonesia menjadi sangat spesial di manca negara. Masakan khas Nusantara selalu memiliki kisah dan juga nilai-nilai filosofi yang mendalam dalam setiap pembuatannya.

Walaupun bahan masakan selalu menentukan cita rasa dan penampilan dari setiap masakan, memasak kuliner Nusantara ternyata tidak sesulit yang dibayangkan dan sangat menarik untuk dicoba.