Pecel Madiun, Makanan Khas Yang Mampu Melewati Berbagai Zaman

Sumber: pinterest

NEWSWANTARA – Sushi bisa dikatakan sebagai makan khas Jepang, pizza bisa dikatakan sebagai makanan khas Italia. Indonesia masih sulit untuk dijelaskan secara spesifik makanan tradisionalnya. makanan tradisional yang dimiliki oleh Indonesia sangatlah banyak. Kekayaan rempah-rempah yang dimiliki oleh Indonesia membuat Indonesia sangat kaya akan cita rasa kulinernya.

Masing-masing daerah memiliki makanan tradisional. Jika kita berbicara salah satu daerah di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Timur, yakni Madiun dengan kuliner tradisional khasnya yang telah akrab terdengar bagi pecinta kuliner ‘Nasi Pecel’. Disajikan menyerupai salat berupa sayuran yang direbus dan ditambah dengan sambal kacang yang dikenal dengan pecel.

Pecel ini sebenarnya merupakan makanan khas Madiun yang telah ada sejak jaman dahulu. Kabupaten Madiun merupakan kabupaten yang terletak Provinsi Jawa Timur yang bertetangga dengan Kabupaten Ngawi, Magetan, Nganjuk. Hingga kemudian ada juga mengenal pecel dari Ngawi, Magetan, bahkan Kediri dan Blitar. Namun label pecel madiun lebih terkenal dibandingkan pecel dari daerah lain.

Terlebih semenjak pemecahan rekor MURI pada tahun 2011 di alun-alun Kota Madiun, label pecel Madiun makin akrab dikenal dengan kota Madiun. Rekor nasi pecel terbanyak (9.217 nasi pecel) dengan bungkus (pincuk) daun pisang. Rekor ini memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebelumnya yang dipegang Kabupaten Malang sebanyak 7.496 nasi pecel pincuk.

Pecel yang sudah ada sejak jaman penjajahan menjadi makanan legenda hingga membawa dampak pada daerah jajahan belanda. Di Suriname contohnya, wilayah bekas jajahan Belanda itu juga terdapat pecel. Sedikit yang membedakan hanya pada bumbu dan isinya, karena disesuaikan dengan selera dan ketersediaan rempah-rempah disana.

Pecel sering dihidangkan dengan tempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai, atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam, daging sapi (empal) dan jeroan.

Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel disebut sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk purut dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. 

Bahan pembuatan sambel pecel. Sumber: sambelpecelmadiun.com
Bahan pembuatan sambel pecel. Sumber: sambelpecelmadiun.com

Selain itu, ada pula yang menambahkan daun bawang putih dan asam jawa ke dalam campuran air hangat untuk mencairkan sambal pecel. Umumnya, setiap daerah di Jawa Timur memiliki variasi pecelnya masing-masing.

Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun pisang yang dilipat yang disebut pincuk. untuk lebih menikmati pecel, ada baiknya disajikan dengan daun lipatan pisang (pincuk) untuk lebih merasakan kuliner serta cita rasa Indonesiannya.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz