Menyeduh Hangatnya Minuman Khas Jawa

NEWSWANTARA – Pernah mendengar kata wedang? bagi masyarakat Jawa kata wedang yang merupakan minuman khas Jawa sangatlah akrab terdengar ditelinga. Wedang dalam bahasa Jawa merupakan sebuah minuman tradisional khas yang biasa diseduh dalam keadaan hangat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) wedang merupakan minuman yang terbuat dari bahan gula, kopi, teh, jahe, dan sebagainya yang biasa diseduh dengan air hangat dan biasanya dimunum sebagai penghangat tubuh maupun sebagai obat herbal.

Wedang sendiri terdapat beberapa campuran dalam penyajiannya diantaranya wedang jahe, wedang uwuh, wedang angsle, wedang ronde, wedang jahe dan wedang bajigur. Masing-masing meiliki cita rasa tersendiri dengan khasiat yang berbeda-beda. Pada umumnya segala macam wedang disajikan dalam keadaan hangat yang akan terasa nikmat jika langsung diseduh.

Sebagai minuman tradisional, wedang memilki khasiat untuk kesehatan. Selain bisa menghangatkan tubuh, wedang jahe misalnya berkhasiat dalam membantu sirkulasi darah, melancarkan sistem pencernaan, obat sakit dan masih banyak lagi. Hampir kebanyakan penyajian wedang berasal dari rempah-rempah.

Baca Juga:

Seperti halnya daun pandan, jahe, batang sereh, cengkeh, dan kayu manis yang ditambah untuk menambah aroma pada wedang. Susu segar bahkan susu kental manis juga biasa ditambahkan dalam peracikan wedang. Untuk itu minumam ini sangat berkahasiat untuk dikonsumsi dalam menjaga kebugaran tubuh.

Minumam hangat khas Indonesia ini sangat penting untuk dijaga agar bisa menjadi warisan kepada generasi penerus. Minuman berkhasiat yang berasal dari berbagai daerah seperti wedang ronde dari Jawa Tengah, wedang uwuh dari Yogyakarta, wedang jahe dari Jawa Timur dan juga Jawa Tengah dan wedang bajigur dari Jawa Barat.

Dari berbagai macam wedang yang ada di berbagai daerah khususnya di tanah Jawa, wedang merupakan sebuah bagian dari warisan minuman tradisional yang memiliki beragam khasiat bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Salah satu minuman khas Jawa yang bisa dicoba untuk memperkaya pengetahuan atas apa yang dimilki Indonesia. Wedang yang menjadi minuman tradisional khas dari tanah Jawa memilki nilai manfaat yang besar untuk terus di jaga kelestarinya dalam tradisi minum wedang.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz