Kecamatan Mijen, Tempat Berburu Durian di Kota Semarang

Durian Mijen
Durian Mijen, Semarang [Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan]

NEWSWANTARA – Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah saat ini sedang mempersiapkan Kecamatan Mijen sebagai agrowisata dan agroedukas durian. Kawasan Mijen ini dinilai memiliki potensi untuk mengembangkan buah durian lokal dengan kualitas unggul.

Kualitas buah durian lokal yang dibudidayakan petani Mijen tidak kalah dibanding buah durian dari daerah lain, seperti Medan dan Jepara. Yang membedakan duarian Mijen dengan daerah lainnya adalah, durian lokal Semarang belum begitu dikenal serta baru diketahui masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Untuk mempromosikan durian Mijen, Pemerintah Kota Semarang memanfaatkan kegiatan Festival Durian dan mengikuti perlombaan varietas durian unggulan untuk mengenalkan durian Mijen kepada masyarakat luas.

Selain Mijen, Kecamatan Gunungpati yang lokasinya bersebelahan juga memiliki potensi sebagai daerah penghasil durian unggulan. Kawasan ini juga akan dikembangkan sebagai agrowisata.

Dari kondisi wilayahnya, daerah Purwosari dan Bubakan di Mijen memang sangat potensial untuk pengembangan durian, terlebih lagi di daerah Bubakan, ada lahan milik Pemkot Semarang yang lengkap dengan embung.

Ke depan, selain durian, buah-buahan lain akan dikembangkan di Mijen. Pemerintah Kota Semarang nantinya juga telah menargetkan setiap jengkal tanah ada tanaman durian, kelengkeng, jambu, dan tanaman buah lain. Memang komoditas unggulannya adalah durian, tapi buah-buahan lain juga terbuka untuk dikembangkan di daerah tersebut.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz