Teripang, Komoditi Ekspor Dengan Nilai Jual Yang Cukup Menggiurkan

teripang
Teripang, salah satu produk perikanan Indonesia yang begitu diminati di pasar internasional [Routers]

NEWSWANTARA – Teripang atau ketimun laut termasuk dalam kelas Holothuroidea yang merupakan salah satu produk perikanan yang telah lama dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat pesisir di Indonesia, dan juga sangat dikenal hingga negara Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Di pasaran internasional teripang dikenal dengan nama teat fish atau gamat. Kandungan nutrisi yang tinggi membuat teripang menjadi makanan yang eksklusif. Kandungan nutrisinya sehat untuk dikonsumsi menyebabkan permintaan dunia akan komoditi ini terus meningkat dari tahun ketahun.

Permintaan untuk pasar ekspor diperkirakan berkisar 20.000 ton hingga 30.000 ton setahun. Indonesia merupakan penghasil teripang (sea cucumber) terbesar di dunia. Semua tangkapan teripang di tanah air langsung diekspor.

Selain bernilai ekonomis, kandungan nutrisinya cukup tinggi (protein 43,1 %, lemak 2,2 %, kadar air 27,1 %, kadar abu 27,6 %, dan kalsium, natrium, phospor serta mineral lainnya 1,2 – 16,5%).

Kandungan protein tinggi pada teripang berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Pada dunia medis teripang memiliki manfaat dan khasiat seperti tonik ginjal, asam urat, stroke, kesehatan liver, jantungan, tumor dan masih banyak lagi khasiatnya bagi kesehatan.

Daerah penghasil teripang alam di Indonesia antara lain, perairan pantai Jawa Timur, Maluku, Papua, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, pantai barat Sumatra, Sumatra Utara, Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Benih teripang yang dibudidayakan sebagian besar masih berasal dari alam.

Persebaran teripang di Nusantara yang cukup merata, sebenarnya Indonesia berpotensi sekali menjadikan teripang sebagai komoditi ekspor unggulan. Negara-negara maju seperti Jepang dan Cina, banyak mengimpor teripang dari Indonesia.

Bentuk fisik teripang yang kurang manarik, mengakibatkan minimnya jumlah minat dari warga sekitar pantai maupun masyarakat umum di Indonesia untuk mengolah dan mengkonsumsi teripang. Padahal dibalik bentuknya kurang menarik, nilai jual teripang cukup menggiurkan.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz