Potensi Komoditas Perkebunan Kalimantan Tengah

pict : bumn.go.id

NEWSWANTARA – Provinsi Kalimantan Tengah dengan Ibukotanya Palangka Raya terletak antara 0,45 derajat Lintang Utara 3,30 derajat Lintang Selatan dan 111 derajat Bujur Timur. Letak Propinsi Kalimantan Tengah yang strategis yakni dekat dan berhadapan dengan Pulau Jawa mendukung sebagai sarana penghubung interkoneksi antara Provinsi-Provinsi lainnya di Pulau Kalimantan.

Propinsi ini mempunyai potensi dengan prospek yang sangat baik untuk kegiatan pengembangan perekonomian pulau Kalimantan dimasa yang akan datang.

Komoditas perkebunan yang dikembangkan di Kalimantan Tengah tercatat 14 jenis tanaman, dengan karet dan kelapa sebagai tanaman utama perkebunan rakyat (342.011 Ha/50%, 68.938 Ha/10,2%) dan kelapa sawit sebagai komoditi utama perkebunan besar yang dikelola oleh para pengusaha perkebunan baik sebagai Perkebunan Besar Swasta Nasional/Asing ataupun PIR-Bun KKPA (Kredit Koperasi Primer untuk Anggotanya). Para pengusaha perkebunan juga mengembangkan tanaman karet, kakao dan lada, namun tidak berkembang sejak tahun 1995.

Pekebunan sawit sebagai komoditi utama dari Kalimantan Tengah
Pekebunan sawit sebagai komoditi utama dari Kalimantan Tengah

Peran sektor perkebunan khusus dalam proses pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah sangat besar yang menyumbang Pendapatan Asli Daerah bagi Pemerintah Provinsi. Selain itu berkontribusi dari PBB/BPHTB/Retribusi, penyerapan Tenaga Kerja menunjukan pengaruh/manfaat yang nyata bagi masyarakat Kalimantan Tengah.

Ketersediaan serta pengembangan perkebunan yang direkomendasikan untuk dikembangkan seperti karet, kelapa, kelapa sawit, lada, kopi, cengkeh, kakao dan tebu diharapkan terjadi secara optimal. Untuk itu sangat dibutuhkan tenaga ahli serta investor dalam mengembangkan Kalimantan tengah yang lebih sejahtera.


Sumber : bisnisukm

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz