ITS Launching Kapal Tenaga Surya JALAPATIH III Hadapi Monaco Solar Boat Challenge

Kapal tenaga surya Jalapatih III ITS saat launching di Surabaya [Antara/Willy Irawan]

NEWSWANTARA – ITS Marine Solar Boat Team kembali me-launching kapal bertenaga surya “JALAPATIH III” yang disiapkan untuk bertanding pada perlombaan Monaco Solar Boat Challenge (MSBC) pada bulan Juli 2017 di Monte Carlo, Monaco. Launching pertama kapal bertenaga surya ini dilakukan di Monumen Kapal Selam Surabaya.

Kapal Jalapatih III adalah kapal tenaga solar yang memanfaatkan energi terbarukan seperti energi surya. Pada dasarnya inovasi ini targetnya untuk mengembangkan energi surya sebagai sumber energi utama.

Kapal Jalapatih III ini merupakan inovasi dan karya terbaru mahasiswa ITS dan juga merupakan hasil evaluasi kapal generasi sebelumnya, Jalapatih I dan II. Untuk Jalapatih III komponennya menggunakan fiber carbon dan sistem pembuatannya menggunakan sistem vacum agar resin merata ke badan kapal. Motornya menggunakan 6 KW.

Rektor ITS Prof Joni Hermana menyebut, tim Departemen Teknik Sistem Perkapalan sudah kedua kali mengirimkan kapal tenaga surya untuk lomba di luar negeri, pihaknya juga berharap Jalapatih III pulang kembali ke Indonesia bisa membawa piala.

Lomba I dan II di Belanda, dan ketiga ini di Monako yang memilih fokus dalam memanfaatkan energi surya sebagai sumber energi utama untuk memajukan transportasi maritim dengan melakukan riset tentang kapal bertenaga surya.

Jalapatih III memang patut untuk diapresiasi karena dibuat sepenuhnya oleh mahasiswa. Hal tersebut merupakan bagian upaya memperkuat Indonesia sebagai negara kepulauan di mata negara-negara lain di dunia.

Mari kita dukung bersama langkah mahasiswa dan mahasiswi ITS ini, Bantuan apapun yang para mitra ITS berikan akan sangat bermanfaat bagi tim kapal tenaga surya mahasiswa dan mahasiswi ITS.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz