Corrugated Mortar Busa Pusjatan (CMPJ) : Inovasi Penunjang Pembangunan Infrastruktur di Indonesia

Flyover Antapani
Flyover Antapani resmi dioperasikan mulai februari silam, proyek kerjasama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Kota Bandung, dan Pemerintah Korea Selatan [Pict. misterbandung.com]

NEWSWANTARA – Corrugated Mortar Busa Pusjatan (CMPJ) merupakan teknologi pertama di Indonesia yang diterapkan dalam pembangunan jalan layang atau flyover Antapani, Jalan Jakarta, Kota Bandung. Jalan layang Antapani merupakan proyek percontohan teknologi corrugated mortarbusa pusjatan (CMP) yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia.

Baja struktur yang digunakan berbentuk corrugated atau armco yang berjumlah bentang. Bentang tengahnya sepanjang  22 meter dengan tinggi ruang bebas vertikal 5,1 meter dan lebar bentang lainnya (u-turn) adalah 9 meter. Teknologi ini  dikembangkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Balitbang Kementerian PUPR.

Teknologi ini merupakan pengembangan teknologi timbunan ringan mortar busa dengan struktur baja bergelombang. Kelebihan CMP adalah masa konstruksi yang lebih cepat 50 persen. Jika dibandingkan untuk konstruksi beton umumnya memakan waktu 12 bulan, CMP hanya memerlukan enam bulan.

Kelebihan lainnya adalah bentangan konstruksi jembatan yang panjang dengan lengkungan jembatan dapat mencapai 36 meter sehingga mampu mengakomodasi hingga delapan lajur kendaraan di bawah jembatan. Penggunaan CMP cocok untuk persimpangan jalan yang menbutuhkan bentang yang panjang.

Teknologi ini dapat digunakan tanpa memerlukan lahan yang lebar karena dapat dibangun tegak dan tidak memerlukan dinding penahan serta tidak perlu alat pemadat karena dapat memadat dengan sendirinya. Tingkat efisiensi dari hasil kontribusi penggunaan mortar busa menjadi ciri khas dari teknologi CMP.

Kedepan, teknologi Jembatan overpass Pelangi Antapani yang menggunakan teknologi baja bergelombang bisa menjadi solusi lantaran tidak memerlukan anggaran yang besar dan waktu pengerjaan yang lebih cepat. Teknologi pembangunan overpass Antapani ini menjadi contoh untuk pembuatan overpass di Brebes yakni wilayah Kosambi, Klonengan Dermoleng dan Kretek.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz