Suroboyo Bus, Bus Masa Depan Terobosan Baru Walikota Surabaya

Suroboyo Bus
Suroboyo Bus, akan beroperasi di Surabaya yang melewati jalur khusus layaknya Bus Way di Jakarta [Surya/Ahmad Zaimul Haq]

NEWSWANTARA – Walikota Surabaya Tri Rismaharini menerapkan sebuah terobosan baru untuk mengurangi sampah plastik di Surabaya dengan mengoperasikan “Suroboyo Bus”. Bus masa depan ini bisa dinaiki warga cukup dengan membayar menggunakan sampah plastik.

Terobosan ini dilakukan walikota Surabaya Tri Rismaharini untuk mengurangi sampah plastik di Surabaya, Risma akan menerapkan pembayaran angkutan bus kota ini hanya dengan sampah plastik jika warga tidak memiliki uang untuk bisa menggunakan transportasi modern ini.

Suroboyo Bus merupakan transportasi modern yang akan dioperasikan bulan ini di Surabaya. Sebanyak 8 unit bus sudah tiba pada 29 Desember 2017 lalu dan saat ini masih dilakukan penggodokan detail trayek maupun tarif angkutan modern ini.

Selain nyaman, bus ini juga sangat ramah bagi penyandang difabel. Ada tombol khusus dekat pintu masuk yang jika dipencet, asisten pengemudi bus akan membantu penyandang difabel masuk ke bus. Pada bagian bawah pintu masuk, terdapat tuas yang jika ditarik dapat dilewati oleh kursi roda.

Baca Juga:

Dengan desainnya yang low entry (tinggi pintu masuk yang rendah), penumpang yang hendak masuk ke dalam bus tinggal melangkah karena ketinggian pintu masuk bus selevel dengan pedestrian.

Suroboyo Bus dibuat khusus agar penumpang merasa nyaman bahkan bus dirancang untuk menyandang disabilitas, manula dan ibu hamil. Suroboyo Bus memiliki dua desain warna kursi penumpang untuk memisahkan antara penumpang wanita dan pria. Selain itu bus ini juga dilengkapi dengan kaca yang cukup lebar, sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan kota Surabaya dari dalam bus dengan leluasa.

Bus kota ini disebut sebagai bus masa depan, karena menyediakan fasilitas kenyamanan dan keamanan bagi penumpang yang modern, serta terkoneksi dengan transportasi massal, trem. Bus kota masa depan ini berkapasitas 67 penumpang. Rinciannya, 41 tempat duduk dan 26 area standing (berdiri). Tentunya, dilengkapi dengan handle untuk pegangan penumpang.

Suroboyo Bus juga diproyeksikan sebagai angkutan pendukung trem dan LRT serta kehadirannya diharapkan dapat menjadi alternatif transportasi umum bagi warga Surabaya terlebih bus ini telah terintegrasi dengan sistem pengaturan traffic light yang otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas. 

Berikan Komentar Anda

avatar