Qute, Moda Transportasi Beroda Empat Yang Bakal Menggantikan Bemo

Qute, kendaraan pengganti bemo
Qute, kendaraan pengganti bemo

NEWSWANTARA – Moda Transportasi Beroda Empat ini tentunya berbeda dari Bajaj roda tiga yang selama ini anda kenal, belakangan sebagian pengguna transportasi umum di Jakarta mungkin telah melihat penampakan armada baru yang disinyalir sebagai Angkutan Pengganti Bemo (APB). Seperti namanya, Qute, tampilannya terbilang cukup imut-imut.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat ini memang tengah melakukan uji coba kendaraan roda empat yang merupakan program APB. Sementara itu Bemo yang moda transportasi umum sudah dilarang operasinya sejak Juni 2016 melalui Surat Edaran Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 84 Tahun 2017.

Secara umum, Qute diproduksi oleh Bajaj Auto, perusahaan otomotif asal India. Desain kendaraan yang memiliki empat roda ini memang identik dengan desain mobil, namun dalam skala kecil.

Qute memiliki ukuran panjang 2,75 meter, dengan lebar 1,31 meter, dan tinggi 1,65 meter. Kendaraan ini pun memiliki radius putar yang cukup pendek, yakni hanya 3,5 meter.

Kendaraan mungil yang masuk dalam kategori Quadcycle ini yang memiliki jok penumpang berada di samping dan belakang sopir. Artinya, Qute dapat mengangkut tiga penumpang sekaligus.

Ditenagai mesin injeksi 216 cc dalam dua tipe bahan bakar, yakni bensin dan gas, pihak Bajaj Auto selaku pembuat kendaraan ini mengklaim emisi yang dihasilkan mampu ditekan hingga 37 persen dari mobil biasa.

Dengan bekal mesin tersebut, Qute mampu bertenaga setara 13,3 tenaga kuda dengan kecepatan maksimal 70 kpj, serta mampu menempuh jarak 36 kilometer untuk setiap liter bensinnya. Tergolong irit, dan cocok untuk kendaraan angkut komuter di Jakarta.

Untuk mengatur akselerasi saat berjalan, Qute dibekali lima percepatan yang diatur oleh transmisi kopling manual yang terletak di tengah dasbor. Tentunya percepatan tersebut juga dibekali dengan transmisi mundur.

Walau kabinnya tak jauh beda dengan bajaj roda tiga, kendaraan yang awalnya dipublikasikan dengan nama RE60 ini tampil dengan desain kabin standar Eropa yang tentunya lebih lapang. Selain itu, pada kabin itu juga terdapat fitur penunjang hiburan, semisal radio, dan slot USB untuk memutar lagu melalui file digital MP3.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz