Perpustakan Nasional Indonesia Kini Menjadi Perpustakaan Tertinggi Di Dunia

gedung perpustakaan Nasional Republik Indonesia baru yang terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat [Istimewa]

NEWSWANTARA – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kini menjadi perpustakaan tertinggi di dunia. Gedung perpustakaan yang dulunya hanya 3 lantai kini telah berubah menjadi gedung yang memiliki ketinggian 126,3 meter mengalahkan perpustakaan di Shanghai, China dengan ketinggian 106 meter.

Bangunan Perpustakaan Nasional telah direnovasi menjadi 24 lantai dengan keunggulan pada kelengkapan koleksinya. Koleksi perpustakaan seperti naskah kuno lebih lengkap daripada yang ada di Perpustakaan Universitas Leiden, Belanda. Selain itu juga ada fasilitas untuk lansia dan penyandang disabilitas.

Menurut Kepres Nomor 11/ 1989 Pasal 19 Perpusnas RI merupakan gabungan tiga lembaga, yaitu Pusat Pembinaan Perpusatakaan, Perpustakaan Nasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Perpustakaan Wilayah di Provinsi merupakan satuan organisasi yang melaksanakan fungsi dan tugas perpustakaan nasional tersebut.

Perpustakaan yang menjadi pintu dunia sudah sepantasnya untuk bersahabat lebih dekat lagi. Banyak buku yang tersimpan di perpustakaan akan memberi pandangan serta pengetahuan baru bagi yang mengunjungi. Sudah sepantasnya masyarakat Indonesia bisa menjadi duta Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Mengutip UNESCO yang menyebut bahwa perpustakaan sebagai benteng terakhir demokrasi. Untuk bisa memfasilitasi itu, masyarakat luas bisa menjadi anggota dari PNRI. Selain menjadi mendapat pengetahuan, menjadi anggota PNRI akan memudahkan untuk bisa mengakses database dari beberapa jurnal internasional.

Jurnal-jurnal internasional itu diantaranya meliputi bidang ilmu SAGE, Taylor and Francis, Proquest, Gale-Cengage Learning, @MyLibrary, Ulrichs–Periodicals Directory, EBSCO Host, IGI Global, Westlaw, ISEAS, dan ALA Publishing.

Mendaftar ke PNRI Cukup mengakses laman http://keanggotaan.pnri.go.id dan akan mendapat nomor keanggotaan PNRI. Ikuti proses verifikasi kemudian membuka link e-resources.pnri.go.id untuk memasukkan nomor anggota PNRI dan password-nya. Berbagai jurnal internasional yang menjadi langganan PNRI pun bisa diunduh di mana saja.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz