Kehadiran Metro Kapsul Kian Mempercantik Angkutan Umum di Indonesia

Metro Kapsul
Prototipe LRT Metro Kapsul dipamerkan di pemeran HARTEKNAS.

NEWSWANTARA – Metro kapsul merupakan satu diantara solusi yang ditawarkan dalam mengatasi kemacetan. Saat ini persoalan kemacetan begitu sama pentingnya dengan permasalahan korupsi. Kemacetan di perkotaan telah menyentuh kata akut. Problematika yang tidak ada habisnya ini bersumber dari tingginya volume penggunaan kendaraan pribadi.

Jumlah volume kendaraan yang tidak sebanding dengan lebar jalan yang tersedia semakin membutuhkan langkah inovatif dalam menghadapi dinamika perkotaan. Transportasi massal yang lebih memadai dibutuhkan dalam merespon masalah transporasi di perkotaan. Transportasi massal yang berbasis rel menjadi salah satu alternatif pilihan dari keterbatasan luas jalan di perkotaan.

Sebuah korporasi konstruksi dan investasi milik negara, PT PP (persero) tbk melalui anak usahanya PT PP infra telah berkomitmen dalam penyediaan transportasi massa metro kapsul yang akan di aplikasikan di Kota Bandung. Kota kembang ini menjadi kota pertama yang bisa menikmati kenyamanan metro kapsul.

Baca Juga : Menyikapi Seriusnya Masalah Kemacetan di Perkotaan

Moda transportasi publik perkotaan dengan nilai investasi yang diperkirakan mencapai Rp 500 miliar ini murni hasil karya anak bangsa yang patut untuk diperhitungkan. Memiliki desain yang menarik, sistem hingga konstruksinya juga dirancang khusus untuk daerah perkotaan.

Kelebihan lain dari  transportasi publik ini adalah ramah lingkungan, karena menggunakan bahan bakar listrik. Disokong dengan empat buah motor listrik sebagai penggerak memungkinkan metro kapsul dapat mengangkut 50 penumpang sekali jalan. Memiliki kecepatan maksimum 20 km/jam, metro kapsul dapat mengangkut penumpang 24.000 penumpang/jam.

Penting untuk diperhatikan, aspek keamanan pada metro kapsul telah dilengkapi dengan batrei cadangan, 4 motor yang bisa digunakan dan 2 pintu darurat saat penumpang terjebak dalam kapsul. Transportasi massal berbasis rel ini dikendalikan secara otomatis pada ruang kontrol, namun bisa juga untuk dikendalikan secara manual ketika berada dalam keadaan darurat.

Menjadi sebuah kebanggan bagi Indonesia, metro kapsul membuktikan bahwa karya anak bangsa dalam menjawab persoalan sosial patut untuk diperhitungkan. Kemampuan anak muda Indonesia merupakan aset terbesar yang dimiliki Indonesia saat ini. Kedepannya, kota-kota besar di Indonesia juga dapat menggunakan Transportasi massal berbasis rel sebagai solusi dalam mengatasi masalah kemacetan Perkotaan.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz