Kopi Durian Asli dari Lubuklinggau

NEWSWANTARA – Bagi kebanyakan orang mungkin sudah tak asing ketika mendengar kata durian. Salah satu jenis buah-buahan yang mendapat julukan king of fruit ini memiliki duri yang tajam namun rasa manis dengan baunya yang khas membuat banyak orang ketagihan akan buah yang satu ini. Akan tetapi menjadi sedikit terasa asing jika mendengar kata “kopi durian”. Apa jadinya jika durian di campur dengan kopi?

Kopi durian merupakan kopi hasil dari perpaduan antara buah kopi dan buah durian. Resep ini di temukan oleh Bapak Madian, warga kelurahan Mesat Seni, Lubuk Linggau, Sumsel. Kopi ini telah melalui beberapa kali percobaan sehingga menghasilkan rasa yang enak dan mantap hingga menambah list baru bagi para penikmat kopi.

Kopi yang terkenal di antara kopi-kopi yang ada di Indonesia diantaranya adalah kopi luwak, kopi Toraja, kopi Aceh dan kopi Mandailing. Diantara jenis kopi yang ada saat ini, kopi luwak mungkin merupakan jenis kopi yang paling populer, karena dikenal sebagai kopi termahal di dunia. Kopi ini diekstrasi dari biji kopi yang telah melalui sistem pencernaan musang luwak Asia

Namun di antara jenis-jenis kopi terkenal saat ini, nama kopi durian mungkin masih sangat asing bagi para penikmat kopi. Kopi yang merupakan hasil inovasi dari bapak Madian ini mampu mengangkat kelompok UP2K (Unit Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Unit usaha tersebut telah menjadi industri rumahan yang berhasil di Lubuklinggau. Hingga mampu memberikan kontribusi secara ekonomis terhadap masyarakat setempat.

Hasil olahan kopi dari industri rumah tangga khas Bumi Sebiduk Semare ini dengan produknya kopi durian, mampu membuahkan hasil yang sangat menjanjikan. Bukan hanya di Indonesia, pemasaran kopi durian ini mampu menembus pasar ekspor hingga Australia.

Inovasi semacam ini diharapkan dapat menular untuk pengembangan komoditi lainnya. Kopi durian yang akan dijadikan trandmark asli Lubuklinggau ini telah dikenal luas di kalangan pejabat teras Indonesia lainnya. Pengembangam serta inovasi semacam ini sangat dibutuhkan dalam menyikapi persaingan secara global.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz