Populasi Menjadi Potensi

populasi
Populasi [pict : kompas.com]

NEWSWANTARA – Pengertian dan definisi populasi dapat diartikan sebagai kumpulan individu-individu sejenis pada suatu daerah tertentu. Istilah Populasi merupakan kata serapan dalam Bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Inggris “Population”. Arti kata ini dipakai dalam menjelaskan populasi manusia dan mahluk hidup lainnya.

Populasi manusia dapat diartikan dengan sebutan penduduk. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk yang sangat padat, dengan jumlah penduduk sebesar 249,9 juta jiwa.

Dengan jumlah penduduk yang sangat besar, Indonesia memliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat besar dari segi kuantitas. Pertumbuhan penduduk di suatu negara dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu fertilitas, mortalitas dan mobilitas penduduk. Istilah mobilitas penduduk sendiri diartikan sebagai gerak penduduk.

Baca Juga : Potensi Indonesia Menjadi Kekuatan Ekonomi Global

Mobilitas penduduk yaitu semua gerak penduduk dalam waktu tertentu dan batas wilayah administrasi tertentu seperti batas provinsi, kabupaten, kecamatan dan sebagainya.

Peranan mobilitas penduduk terhadap laju pertumbuhan penduduk antara wilayah satu dengan wilayah lainnya berbeda-beda. Jika dlihat secara umum, jumlah penduduk yang besar akan mempengaruhi pada mobilitas penduduk dari satu daerah ke daerah lain, baik untuk sementara maupun untuk jangka waktu yang lama atau menetap seperti mobilitas komunitas dan migrasi.

Adanya perpindahan penduduk tentunya akan membawa suatu dampak sosial. Dampak sosial ini dikatakan sebagai mobilitas sosial (social mobility) yang merupakan suatu pergerakan dalam struktur sosial. Mobilitas sosial ini bagian dari perpindahan lingkungan sosial-ekonomi baik ke atas ataupun ke bawah yang dapat mengubah status sosial seseorang di dalam masyarakat. 

Potensi masyarakat, pict : shiftindonesia.com
Potensi masyarakat, pict : shiftindonesia.com

Dampak positif dari tatanan mobilitas sosial ini adalah, orang-orang akan berusaha untuk berprestasi atau berusaha untuk maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata. Kesempatan ini mendorong orang untuk mau bersaing, dan bekerja keras agar dapat naik ke strata atas. Mobilitas sosial akan mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik.

Seperti halnya Indonesia yang sedang mengalami perubahan dari masyarakat agraris ke masyarakat industri. Perubahan ini akan lebih cepat terjadi jika didukung oleh sumber daya yang memiliki kualitas.

Kondisi ini perlu didukung dengan peningkatan dalam bidang pendidikan. Menjadi negara ke empat terpadat di dunia, Indonesia sangat potensial untuk menjadi kekuatan ekonomi baru di ASEAN bahkan dunia. Dari kelima negara terpadat di dunia, Indonesia tertinggal dari Brazil dan China pada standar negara berkembang. Indonesia menempati posisi ke 9 sementara Brazil ke 7 dan China menjadi kekuatan ekonomi baru dunia.

Baca Juga: Potensi Pertumbuhan Pasar Digital di Indonesia

Jumlah populasi akan memberikan pengaruh terhadap kemajuan suatu negara. Demikian pula sebaliknya, apabila jumlah populasi yang dimiliki tidak teroptimalkan, bisa juga membawa permasalahan yang mengakar. Ketersediaan populasi yang banyak akan membantu dalam majalankan perekonomian yang sehat.

Berjalannya ekonomi yang sehat tentu harus didukung oleh kualitas SDM yang mumpuni. Banyaknya SDM berkualitas yang dimiliki tentunya akan memberikan kekuatan dalam membangun ekonomi yang lebih kompetitif untuk kemajuan suatu negara, Khususnya Indonesia. 

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz