Menilik Potensi Kolaka Utara

pembangunan yang terus berjalan di Kabupaten Kolaka Utara [istemewah]

NEWSWANTARA – Termasuk dalam Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Kolaka Utara terdiri dari Kecamatan Wonua Lewawo, Wonua Lato, Wonua Watunohu, serta Wonua Kodeoha. Komoditi unggulan Kabupaten Kolaka Utara yaitu sektor perkebunan, pertanian dan jasa.

Sektor Perkebunan komoditi unggulannya adalah Kakao, Kopi, Kelapa, Cengkeh, Jambu Mete, Lada, dan Pala. Sub sektor Pertanian komoditi yang diunggulkan berupa Jagung dan Ubi Kayu. Sub sektor jasa yaitu Pariwisata. Sumber pendapatan utama kabupaten ini adalah perkebunan kakao, kelapa dan cengkeh yang telah menjadi komoditi unggulannya.

Sekitar 80% penduduk kabupaten Kolaka Utara bergantung pada perkebunan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada sektor pertambangan yang menjadi salah pilar utama dalam pembangunan ekonomi di kabupaten kolaka utara masih sangat besar.

Baca juga : mengenal potensi tapanuli tengah

Hal ini didukung oleh besarnya potensi sumber daya bahan galian tambangan, yang hingga kini masih terpendam. Saat ini terdapat beberapa perusahaan yang telah memulai untuk mengeksploitasi tambang. Potensi sumber daya alam yang di miliki Kabupaten Kolaka Utara masih sangat kaya yang walaupun sudah mengalami ekplorasi hasil tambang.

Sektor pertambangan yang menjadi salah satu pilar pembangunan ekonomi di Kabupaten Kolaka Utara didukung oleh besarnya potensi sumberdaya bahan galian tambangan, yang hingga kini masih terpendam. Sektor pertambangan di Kolaka Utara ini masih di dominasi oleh sub sektor penggalian dengan produksi terbesar tanah, pasir dan batu gunung.

Hasil produksi bahan galian yang paling banyak adalah tanah urug. Tanah urug memberikan kontribusi terhadap total bahan galian sebesar 54,45 %. Peluang tersebut beberapa diantaranya exploitasi potensi tambang yang belum tergali, industri pengolahan bahan baku tambang menjadi bahan setengah jadi, atau pendirian perusahaan survei.

Pada awal terbentuknya Kabupaten Kolaka Utara, kebutuhan sayur-mayur masih banyak disuplay dari daerah tetangga, sementara pada sisi lain terdapat potensi lahan untuk perkebunan sayur-sayuran tersedia cukup memadai. Karena itu, telah dibentuklah Bidang Hortikultura yang melekat di Dinas Perkebunan dan Hortikultura.

Kemudahan transportasi di dukung oleh fasilitas dan SDM yang di tunjang dengan sistem on stop service akan memberi kemudahan dalam melakukan investasi di Kabupaten Kolaka Utara. Kabupaten yang memiliki luas daratan mencapai 3.991 ini setra km3  dengan luas permukaan laut 12.076 km3 terus mengalami perbaikan ekonomi.

loading...