Mengenal Potensi Tapanuli Tengah

Air Terjun Mursala yang terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah. salah satu aset wisata yang dimiliki Kabupaten Tapanuli Tengah [bombastik.com]

NEWSWANTARA – Kata Sibolga sering dikaitkan dengan Tapanuli Tengah, kabupaten yang kaya akan potensi perkebunan dan juga perikanannya. Secara letak kota, Kabupaten Tapanuli tengah berada di tengah sehingga terkadang keliruh membedakan letak dan batas wilayah antara Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli tengah. Sibolga adalah Kota sedangkan Tapanuli tengah adalah Kabupaten yang bersebelahan dan serumpun seperti Negara Singapura dan Malaysia.

Secara umum potensi Perkebunan dan Kehutanan di Kabupaten Tapanuli Tengah meliputi produksi perkebunan rakyat dan perkebunan perusahaan. Jenis komoditi unggulan daerah ini seperti Karet, Kelapa Sawit, Kakao, Kopi dan Kelapa. Jumlah luasan perkebunan dan jenis produk perkebunan lainnya, serta keberadaan industri berbasis komoditi perkebunan dan kehutanan.

Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara yang menghadap langsung ke Samudera Hindia dianugerahi sektor perikanan yang melimpah. Kabupaten yang pernah disambangi perwakilan dari 24 negara sahabat diundang oleh Special Envoy of Seychelles for ASEAN untuk melihat langsung potensi perikanan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Baca juga sumsel masih menjadi penyuplai karet nasional

Kabupaten Tapanuli Tengah terletak di pesisir Pantai Barat Pulau Sumatera dengan panjang garis pantai 200 km yang terdiri dari 20 kecamatan. Produksi ikan hasil tangkapan dari laut diantaranya adalah: cakalang, tuna, lencam, ekor kuning, lemuru, bawal putih, bawal hitam, swanggi, cumi-cumi, kapas-kapas, kuwe dan masih banyak lagi.

Potensi Pariwisata dikalah dengan daerah tetangganya, kawasan Pulau Mursala yang ditetapkan sebagai wilayah kawasan konservasi menyimpan surga bawah laut. Pulau yang merupakan daerah perbukitan indah ditambah dengan adanya aliran sungai berbatu yang membela pulau Musala cocok dijadikan sebagai olahraga arum jeram.  Perairan Pulau Mursala dijadikan sebagai tempat konservasi terumbuh karang dan berpeluang dijadikan spot snorkling yang indah.

Jarak tempuh ke Pulau mursala dari Kota Pandan maupun Kota Sibolga dengan Speed Boat sekitar 60 menit. Fasilitas akomodasi semakin lengkap dengan berdirinya penginapan yang menujang aktivitas pariwisata. Selain itu juga terdapat lokasi wisata lain yaitu Pantai Indah Kalangan. Hamparan Pohon Pinus dan Cottage sekitar Pantai Indah Kalangan yang terletak di Pandan.

Baca juga : sumatera selatan menjadi provinsi pertama yang memiliki pltb

Obyek wisata bahari Tapanuli Tengah yang dapat dinikmati di sepanjang pesisir Barat Kabupaten Tapanuli Tengah seperti Pantai Indah Binasi di Kecamatan Sorkam Barat, Pantai Indah Muara Kolang di Kecamatan Kolang, Pantai Indah Kedai Gedang di Kecamatan Barus, Pantai Indah Sitiris-tiris di Kecamatan Andam Dewi dan Pantai Indah Pasar Batu Gerigis di Kecamatan Barus

Terdapat juga hamparan pulau – pulau kecil yang indah seperti Pulau Karang dengan Pantai Pasir Putih di Kecamatan Andam Dewi yang terus didandang untuk kegiatan pariwisata. Pemerintah daerah juga turut ambil andil untuk memajukan pariwisata kabupaten Tapanuli Tengah. Fasilitas pendukung telah disediakan seperti sarana kamar mandi, selter dll.

Obyek wisata bersejarah dapat dijumpai dapat dijumpai tepatnya di Kecamatan Barus seperti Makam Mahligai dan Makam Papan Tinggi. Barus adalah tempat pertama kali masuknya agama Islam dan Kristen di Indonesia yang menarik untuk menambah pengetahuan akan sejarah. Segala potensi yang dimiliki kabupaten Tapanuli tengah menunggu untuk terus di optimalkan agar terciptanya kesejahteraan sosial.