Mendorong Industri Pengolahan Nasional

Industri pengolahan
Industri pengolahan ikan [pict: industriamagz.com]

NEWSWANTARA – Pertumbuhan industri pengolahan di Indonesia masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan multinasional. Industri pengolahan menyumbang kontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar 24% dari PDB. Kementrian perindustrian mencatat kontribusi industri pengolahan terhadap PDB mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir.

Menperin menyampaikan bahwa sektor industri merupakan motor penggerak utama perekonomian nasional mengingat kontribusinya yang dominan terhadap PDB nasional. Karena itu, pembangunan sektor industri merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional jangka panjang.

Baca juga : Makassar sebagai center point of Indoensia

Dalam menunjang itu, Pemerintah fokus pada tiga sektor usaha yang memberikan kontribusi besar bagi Produk Domestik Bruto (PDB). Ketiga sektor itu adalah industri pengolahan, pertanian, dan perdagangan. Menyumbang pertumbuhan ekonomi yang besar, ketiga sektor usaha itu juga dianggap bisa membuka lapangan kerja besar.

Industri pengolahan non migas menjadi kontributor terbesar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dibandingkan sektor-sektor lainnya, industri pengolahan non migas mampu memberikan sumbangan mencapai 18,08 persen pada kuartal I tahun 2017.

industri non migas meliputi makanan minuman (32,84%), industri logam dan peralatan listrik (10,71%), industri alat angkutan (10,47%), serta industri kimia, farmasi dan obat tradisional sebesar (9,86%). Sektor-sektor ini mempunyai daya tahan yang tinggi diatas pertumbuhan ekonomi nasional.

Kontribusi pertumbuhan industri pengolahan didominasi oleh perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan makanan dan minuman yang mencatatkan rata-rata tumbuh 8%. Rata-rata perusahaan publik itu menempati ranking pertama hingga ketiga dalam industri secara nasional.

Perekonomian di Indonesia tidak akan berkembang tanpa dukungan dari peningkatan perindustrian sebagai salah satu sektor perekonomian yang sangat dominan. Pentingnya sektor industri ini bagi perekonomian Indonesia harus dibentuk satu aturan hukum yang berguna untuk mengatur regulasi di wilayah sektor Industri ini.

Program dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam pengembangan industri yang menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi nasional menjadi program prioritas yaitu: 1)Program Hilirisasi Industri Berbasis Agro, Migas, dan Bahan Tambang Mineral. 2)Program Peningkatan Daya Saing Industri Berbasis SDM, Pasar Domestik, dan Ekspor. 3)Program Pengembangan Industri Kecil dan Menengah dan lain sebagainya.

Menperin meyakini, perekonomian nasional akan lebih membaik tahun ini karena ditopang oleh potensi pasar dan daya beli masyarakat Indonesia. Pengoptimlan sektor industri pengolahan diharapkan dapat membawa Indonesia Menjadikan negara industri tangguh di dunia pada tahun 2025 sesuai dengan target yang dicanangkan pemerintah. (©nws)

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz