Makassar Sebagai Center Point of Indonesia

Perkembangan kota makasar yang pesat [Istimewa]

NEWSWANTARA – Menjadi kota terbesar di Indonesia timur, Makassar terus berkembaang sebagai kota yang memilki pertumbuhan ekonomi yang positif. kota metropolitan di Kawasan Indonesia Timur yang menjadi Ibukota Sulawesi Selatan ini memiliki jumlah penduduk 1.769.920 jiwa. Dengan kedudukannya yang strategis membantu pertumbuhan Makasar di tengah jalur perdagangan Internasional.

Makassar telah berhasil membangun ekonomi daerah dengan mencatat angka pertumbuhan ekonomi rata-rata 7,9 persen selama lima tahun terakhir. Selain itu Makassar juga telah menjadi penyumbang PAD terbanyak sebesar 38 persen bagi Provinsi Sulawesi Selatan. hampir semua sektor yang diandalkan Makasar bersumber dari kegiatan ekonomi.

Baca juga :Indonesia Masih Jadi Pasar Yang Cukup Menarik Di Mata Investor Dunia

Komoditas ekspor seperti kopi, kakao, perikanan yang diekspor melalui Sulawesi Selatan mampu menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Sektor perdagangan, indutri dan pengolahan, hotel dan pariwisata, konstruksi, pertanian dan perikanan masih menjadi struktur ekonomi unggulan kota Makassar.

Dari pertumbuhan ekonominya, presiden Jokowi mengapresiasi apa yang telah dicapai Makassar. Dikondisi saat ini, menurutnya sulit bagi sebuah daerah untuk bisa mencapai angka-angka pertumbuhan tinggi. Di Amerika atau Eropa pertumbuhan ekonomi tak lebih dari kisaran 1 persen, 2 persen sedangkan Makassar bisa melampauhi itu.

Potensi bisnis yang paling potensi di Makasar terletak pada sektor property, perdagangan dan pariwisata. Dikenal sebagai Center Point of Indonesia dikarenakan Makassar menjadi penghubung untuk Indonesia bagian timur, etalase ekonomi Makasar dengan trend postifnya memberi tanda bahwa potensi Makassar begitu besar.

Makassar pada masa lalu yang tidak hanya dikenal sebagai kota besar di nusantara, tetapi juga sebagai salah satu kota besar dunia karena keterbukaan akses terhadap perdagangan internasional. Hingga Makassar telah dicanangkan sebagai Living Room di kawasan Timur Indonesia sebagai acuan bagi daerah lain.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz