Mengenal Lebih Dalam Tentang Flora di Indonesia Bagian Timur

flora di Indonesia bagian timur
Karakteristik flora di Indonesia bagian timur [iStock]

NEWSWANTARA – Flora di Indonesia bagian timur sendiri sering disebut dengan flora Australis. Hal ini dikarenakan bahwa wilayah Indonesia bagian timur dulunya menyatu dengan benua Australia. Sehingga jenis flora di Indonesia bagian timur hampir sama dengan yang ada di benua Australia.

Wilayah flora sahul atau Indonesia bagian timur sendiri adalah pulau Papua dan beberapa pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Untuk lebih jelasnya mengenai tentang flora yang ada di Indonesia bagian timur. Berikut ini beberapa informasi mengenai flora yang ada di Indonesia bagain timur.

Informasi Umum Flora di Indonesia

Setiap masing-masing daerah tentunya memiliki keanekaragaman flora dengan nama yang berbeda-beda. Selain itu juga banyak tersebar di banyak tempat seperti flora di bagian timur.

Adapun tumbuhan tersebut juga mempunyai makna dan terbentuk secara alami yang berasal dari beberapa faktor. Faktor tersebut pun juga bermacam-macam, diantaranya adalah faktor klimatik, faktor edafik, dan faktor fisiografi.

Faktor Klimatik

Faktor klimatik sendiri biasanya terjadi karena iklim ataupun cuaca yang terjadi pada suatu daerah tersebut. misalnya pada kelembaban, sinar matahari, curah hujan, angin, dan lain sebagainya.

Faktor Fisiografi

Sedangkan untuk faktor fisiologi sendiri disebabkan oleh banyaknya kehidupan makluk hidup yang terdiri atas ketinggian tempat dan juga bentuk tanah.

Faktor Edafik

Berbeda dengan faktor klimatik dan faktor fisiologi. Faktor edafik ini disebabkan oleh terjadinya persebaran flora dan juga fauna. Selain itu tanah juga merupakan media utama bagi pertumbuan flora. Biasanya faktor tersebut meliputi dari tekstur tanah, tingkat kegemburan tanah, dan mineral organik.

Tentang Flora di Indonesia BagianTimur

Hutan sahul mempunyai ciri-ciri yang sama dengan hutan yang ada di Australia bagian utara. Dengan berbagai macam tumbuhan dengan daun yang sangat lebat dan bewarna hijau. Untuk ketinggian dari pohon yang ada di bagian timur sendiri bisa mencapai 50 meter.

Baca Juga

Karena lebatnya daun yang ada pada pohon di hutan sahul yang membuat sinar ultra violet tidak bisa menembus tanah. Selain itu juga disebabkan karena faktor iklim yang terdapat di Indonesia bagian timur.

Sebagian besar kondisi iklim yang terdapat di Indonesia bagian timur sendiri didominasi oleh iklim hujan tropis. Sehingga jenis vegetasi yang menutupi kawasan yang ada di Indonesia bagian timur ini adalah hutan hujan tropis. Jenis flora yang sangat khas di Indonesia bagian timur ini adalah pohon Rasamala dan pohon Eucalyptus.

Karakteristik Flora di Indonesia Bagian Timur

Banyak karakteristik berbeda yang terdapat di Indonesia bagian timur. Diantaranya terdapat hutan putih, banyak pohon sagu, banyak semak belukar, pepohonannya masih jarang dan tidak ada jenis nangka.

Selain itu flora di Indonesia bagian timur mempunyai kemiripan dengan jenis flora yang ada di benua Australia. Ketinggian pohon yang ada di Indonesia bagian timur pun juga lebih rendah daripada yang ada di Indonesia bagian barat.

Pohon-Pohon Yang Menghasilkan Kualitas Bagus

Di Indonesia bagian timur sendiri juga menghasilkan beberapa pohon sangat berkualitas yang tumbuh di hutan ini. Diantaranya pohon besi, cemara, merbau, jati, dan juga eben hitam.

Di pesisir pantai Indonesia bagian timur juga terdapat hutan mangrove yang sangat lebat dan juga sangat bagus dari segi keamanannya dalam mencegah erosi air laut. Sedangkan di daerah rawa sendiri terdapat pohon sagu yang merupakan salah satu makanan pokok di masyarakat Papua

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz