Kuda Sandelwood Yang Tangguh Dari Sumba

Kumpulan kuda sandelwood di savana [Pict. dody misa]

NEWSWANTARA – Kuda sandelwood merupakan kuda mungil asal Indonesia yang khas dengan Pulau Sumba. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari pada kuda jenis lainnya, namun sangat lincah dan tangguh. Cerita tentang asal-usulnya ini dikatakan merupakan hasil perkawinan kuda Arab dengan kuda poni lokal (grading up).

Pada parade Parade 1001 Kuda Sandelwood yang digelar perdana di Pulau Sumba berlangsung mulai dari 3-12 Juli 2017. Sebanyak 250 kuda dari empat kecamatan di Kabupaten Sumba Timur turut meramaikan acara ini.

Parade dimulai dari Lapangan Prailiu Rihi Eti sampai Lapangan Swembak, Waingapu (Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur (3-4/07) kemudian dilanjutkan menuju Anakalang Waibakul, Sumba Tengah, pada tanggal 5-6 Juli.

Baca juga : bower bird si burung perayu romantis dari tanah papua

Selanjutnya menuju Waikabubak, Sumba Barat pada 7-8 Juli, dan berakhir di Tambolaka, Sumba Barat Daya tanggal 11-12 Juli 2017. Rangkaian kegiatan ini termasuk dalam kegiatan Wonderful Sumba Island Festival 2017 yang bertujuan untuk mempromosikan budaya sekaligus pariwisata Pulau Sumba.

Nama Sandalwood berasal dari kata ‘sandel’ yang berarti kuda, dan ‘wood’ artinya kayu cendana. Cendana merupakan komoditas ekspor dari Pulau Sumba dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya. Kuda ini juga pernah dianugerahi rekor MURI sebagai kuda dengan daya tahan tubuh yang tangguh pada tahun 2008.

Kuda imut yang berukuran lebih kecil dibandingkan kuda-kuda pada umumnya ini mengalami penurunan jumlah populasi. Bahkan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang  drastis mencapai angka 32% yang pada saat itu populasi kuda Sandalwood tercatat berkisar 30.000 ekor.

Populasi kuda Sandelwood ini terus menurun setiap tahunnya. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari penyakit, persaingan dengan ternak sapi ongole Sumba, atau juga karena perdagangan. Peminat kuda ini memang tak sedikit. Kuda imut yang kuat dan tangguh ini mampu mencuri hati banyak orang.

Dalam rangka pelestari dan pengembangan diupayakan pengembangan instalasi kuda dan akan diajukan ke DPRD Provinsi NTT untuk penganggaran dan salah satu kabupaten jadi pusat instalasi kuda. Adanya pengembangan instalasi kuda sandelwood di Sumba Tengah diharapkan dapat menjaga populasi serta kelestarian kuda sandalwood.

loading...