Bower Bird, Si Burung Perayu Romantis Dari Tanah Papua

bower bird
Burung perayu endemik Papua [Bernard Van Elegem]

NEWSWANTARA – Baru-baru ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menemukan seekor burung endemik Papua yang memiliki kebiasaan unik. Burung yang dijuluki Bower Bird ini dianggap sebagai burung yang paling bersih di dunia.

Burung Bower Bird ini dapat membersihkan sarang dan menghiasnya dengan ornamen tertentu. Menurut Prof. Gono Semiadi, salah satu peneliti LIPI, perilaku ini dilakukan oleh burung tersebut sebagai bagian dari proses reproduksi untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Hal tersebut tentunya merupakan sesuatu yang baru ditemukan pada jenis burung yang hanya tersebar di kawasan Papua. Burung ini sangat unik dan termasuk langka. Bower bird merupakan endemik Papua, dan berperilaku romantis untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Burung pemakan biji-bijian ini ditemukan dalam Eksplorasi Lengguru yang dilakukan atas kerjasama LIPI dengan Institut de Rechere pour le Developpement (IRD) Perancis untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai dataran Papua dan ekosistem yang ada di dalamnya.

Baca Juga : Menjaga Habitat Burung Perling Demi Kelestarian Burung Indonesia

Dalam eksplorasi Lengguru ini para peneliti menemukan sekitar 1.400 nomor spesimen hewan dan tumbuhan, serta diperkirakan terdapat 50 spesies baru yang ada diantara nomor spesimen tersbut.

Eksplorasi Lengguru ini melibatkan sekitar 50 staf peneliti dan teknisi asal Indonesia serta 27 staf asal luar negeri. Rencananya, hasil penelitian ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dan landasan untuk pemanfaatan wilayah, pemanfaatan tata ruang serta menentukan nilai guna yang tepat bagi masyarakat setempat.


Sumber: CNN Indonesia

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz