Implementasikan Smart Airport, Soekarno-Hatta Terapkan Teknologi Visual Docking Guidance System

Terminal 3 Soekarno Hatta
Terminal 3 Soekarno Hatta [Angkasa Pura II]

NEWSWANTARA – Komitmen dari Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) dengan menerapkan prinsip smart airport atau bandara cerdas termasuk di sisi udara guna meningkatkan efisiensi operasional bandara merupakan sebuah langkah yang patut untuk diapresiasi.

Prinsip smart airport sendiri diimplementasikan melalui digitalisasi pada fasilitas sisi udara antara lain dengan memasang VGDS (Visual Docking Guidance System) di apron Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

VDGS dapat menghemat waktu yang dibutuhkan oleh pesawat ketika mendarat hingga merapat di terminal sehingga membuat efisiensi maskapai meningkat dan secara keseluruhan juga diharapkan dapat berdampak pada lebih baiknya on-time-performance.

VDGS sendiri juga memandu pesawat yang baru mendarat untuk dapat secara cepat dan tepat menuju gate atau merapat ke terminal hingga berada di lokasi parkir. VDGS secara otomatis juga dapat mengenali jenis pesawat, maskapai yang mengoperasikan pesawat tersebut, dan kota asal keberangkatan.

Selain itu, VDGS juga akan mendukung keamanan dan keselamatan pada sisi ruang udara seiring dengan peningkatan kapasitas runway untuk melayani sebanyak 86 hingga 100 penerbangan per jam. Melalui alat ini, lama pesawat parkir juga dapat dihitung secara tepat.

Pemasangan VDGS dalam memandu pergerakan pesawat di apron Terminal 3 ini dapat membantu Soekarno-Hatta menjadi bandara transit yang memiliki lebih banyak rute penerbangan internasional ke berbagai negara.

Di samping penerapan VDGS, implementasi digitalisasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga mencakup informasi parkir pesawat yang dapat diakses melalui aplikasi ‘Indonesia Airports’ di smartphone.

Salah satu konten khusus yang hanya dapat diakses oleh internal AP II di dalam aplikasi tersebut adalah ‘iPerform’ yang memuat informasi mengenai area terminal parking stand pesawat, total jumlah parking stand terpakai, flight number, on block time dan off block time pesawat, dan stand code.

Informasi yang disajikan akan memudahkan pengaturan parkir pesawat sehingga mendukung kelancaran operasional bandara secara umum, terutama kelancaran pengiriman bagasi ke baggage claim area.

Dengan demikian, Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga bakal semakin besar dan berperan lebih banyak dalam mendukung pertumbuhan pariwisata dan perekonomian nasional, serta meningkatkan efisiensi bagi maskapai maupun operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang berujung pada kepuasan penumpang pesawat.

 

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz