Sendang Gile dan Tiu Kelep
Pesona Air Terjun Tiu Kelep merupakan salah atu air terjun yang terletak di kawasan wisata Air terjun Sendang Gile di Desa Senaru Kecamatan Bayan, Lombok Utara. [Pict: Istimewa]

NEWSWANTARA – Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep menjadi satu paket wisata yang menarik ketika ingin merasakan suasana tenang ditemani oleh suara gemuruh air yang khas. Kedua air terjun ini terletak di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Air terjun ini menawarkan beberapa hal yang mempesona yang bisa dinikmati dengan soft trekking.

Hal ini dikarenakan antara Air Terjun Sendang Gile dengan Air terjun Tiu Kelep terdapat pada lokasi yang berbeda. Rute yang ditempuh akan disuguhkan dengan alam yang begitu asri, menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sejuk, serta melewati goa dan juga jembatan unik di atas tebing. Perjalanan yang akan membuat jiwa petualangan semakin tertantang.

Air terjun ini lokasinya berdekatan dengan destinasi yang populer di Pulau Lombok yaitu Gunung Rinjani. Berada di kehidupan liar hutan rimbun bawah kaki Gunung Rinjani menjadi paket lengkap pendaki ketika turun melewati jalur Lombok Utara. Banyak wisatawan menjadikan Senaru sebagai destinasi untuk dapat merasakan kehidupan desa yang damai dan asri.

Sendang Gile air terjun pertama yang akan ditemui wisatawan saat mengunjungi objek wisata ini. Perjalanan menuju air terjun Sendang Gile akan dilalui dengan jalan setapak dan beberapa anak tangga yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dapat sampai. Aliran air Sendang Gile diyakini berasal dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Baru setelah itu wisatawan akan melanjutkan perjalan menuju air terjun ke dua yang berlokasi lebih tinggi, dari air terjun pertama. Dalam perjalanan Anda akan menaiki tangga dan melewati jembatan beton yang cukup tinggi dan sebenarnya jembatan ini merupakan kanal air, namun di atasnya di tutupi besi dan beton agar dapat di lewati.

Air Terjun Sendang Gile yang merupakan air terjun pertama dilewati pada kawasan wisata Air Terjun Sendang Gile [Pict : Istimewa]

Udara sejuk serta pemandangan hutan yang luar biasa dan aliran sungai dengan airnya yang dingin menjadikan sensasi perjalanan Anda ke air terjun ke dua ini. Sekitar 20 meter sebelum sampai, Anda dapat merasakan percikan air yang berterbangan dan suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian.

Setelah puas di air terjun Tiu kelep, wisatawan akan di ajak kembali berpetualangan menyusuri gua peninggalan Belanda. Kedalaman gua ini sekitar 100 meter dengan ketinggian air sampai lutut orang dewasa dan perlu menyiapkan senter. Gua ini menjadi alternatif untuk kembali ke air terjun pertama yang akan memberi kesan tersendiri saat mengunjungi kawasan ini.

Kawasan air terjun ini termasuk dalam hutan lindung sehingga wisatawan harus memperhatikan sampah serta mematuhi aturan yang berlaku. Setiap poin menuju air terjun juga telah disediakan bak sampah. Sehingga memudahkan wisatawan dan sangat membutuhkan kerja sama dalam menjaga alam untuk tetap lestari.

Berikan Komentar Anda

avatar