Pantai Tanjung Menangis
Lokasi tebing tempat biasa pengunjung terjun memacu adrenalin ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Menangis [Pict : Bolehtanya.com]

NEWSWANTARA – Nama Pantai Tanjung Menangis diambil dari sebuah cerita legenda masyarakat sumbawa yang menyedihkan. Duhulu kala, ada seorang putri yang menangisi sang kekasihnya yang pergi jauh karena di usir. Putri yang sudah terlanjur cinta dengan pemuda tampan yang berhasil mengobati penyakitnya akan tetapi diusir.

Putri dari kerajaan Sumbawa menderita sakit parah yang sangat misterius, tidak ada satu pun yang bisa mengobatinya. Sang raja yang mulai putus asa pun akhirnya membuat sayembara, barang siapa yang mampu menyembuhkan penyakit sang putri, maka akan dinikahkan dengan sang putri. Hingga kemudian datanglah seorang pemuda berparas tampan yang akhirnya bisa menyembuhkan sang putri.

Baca juga : 

Sang raja tidak menepati janjinya, untuk menikahkan pemuda itu dengan sang putri, bahkan pemuda tersebut di usir dari Sumbawa. Sang pemuda yang kecewa memutuskan untuk pulang ke tanah asalnya. Mengetahui hal itu sang putri mengejarnya, namun tidak tahu harus kemana, hingga akhirnya sampailah dia ke sebuah tanjung.

Di tanjung itulah sang putri melihat bahwa sang pemuda telah pergi dengan menggunakan perahu. Semenjak kejadian itulah sang putri setiap harinya selalu menangisi kekasih hatinya yang telah pergi jauh karena di usir. Sang putri menangis berharap pemuda itu kembali datang untuknya. Itulah kenapa sejak saat itu masyarakat setempat menamai lokasi ini dengan nama Pantai Tanjung Menangis.

Tanjung Menangis berlokasi di Kabupaten Sumbawa Besar sebelah timurnya Pulau Sumbawa. Pantai yang tergolong masih sepi meskipun akses ke sana juga tidak sulit. Karena itulah kebersihan pantai dan lingkungan sekitarnya juga masih terjaga dengan baik. Tanjung Menangis memang mengisyaratkan romantisme, dengan pantai biru yang tenang dan tebing karang mencuat nan eksotis.

Pantai Tanjung Menangis
Sudut lain dari Pantai Tanjung Menangis [Pict: Istimewa]

Objek wisata Tanjung Menangis memiliki pantai berpasir putih yang tenang. Di ujung tebing Tanjung Menangis ini ada sebuah tower yang juga sering di gunakan untuk memantau keadaan laut. Lokasinya yang jauh dari keramaian sudah pasti akan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Tebing Tanjung Menangis mamacu adrenalin terjun bebas merasakan sensasi berbeda.

Tidak sedikit yang ingin menantang adrenalin untuk melompat karena ingin berenang, seru-seruan dan cukup menegangkan. Hal itu menjadi aktivitas yang sering kali di lakukan oleh pengunjung disini yang cinta akan laut. Bawah lautnya juga menjadi tempat yang menarik untuk snorkeling bagi yang ingin merasakannya.

Objek wisata Tanjung Menangis ini menjadi tujuan favorit wisatawan lokal maupun mencanegara setelah pulau Moyo saat mengunjungi Kabupaten Sumbawa Besar. Lokasinya yang jauh dari keramaian sudah pasti akan membuat anda betah untuk berlama-lama di lokasi ini. Merasakan suasanan yang mendatangkan kedamaian. (©nws)


Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar Anda

avatar