Merasakan Sensi Air Dua Rasa Di Danau Satonda

Danau Satonda
Pesona keindahan Danau Satonda [Instagram @afiholle]

NEWSWANTARA – Pulau Satonda ini memang sudah tidak asing bagi para pendaki Gunung Tambora, maupun para traveler yang sering melakukan sailing trip dari Bali dan Lombok menuju Flores atau kawasan Kepulauan Komodo. Wilayah Desa Nangamiro, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat itu akan sangat mempesona.

Banyak yang mengatakan mendaki Gunung Tambora tanpa menyambangi Pulau Satonda bagai sayur tanpa garam. Pulau ini ibarat tempat singgah untuk menikmati keindahan alam, setelah usai menapaki Gunung Tambora. Pulau Satonda ini menarik minat wisatawan dikarenakan adanya danau air asin yang hanya berjarak 200 meter dari tepi pantai.

Konon katanya, kadar keasinan air yang ada di Danau Satonda ini dua kali lipat lebih besar daripada air laut. Dengan demikian kita bisa mengambang dan tidak akan tenggelam dari permukaan danau. Oleh banyak orang, Danau Satonda ini pun diyakini sebaga bekas kawah gunung api purba yang bahkan lebih tua daripada Gunung Tambora.

Selain itu juga terselip mitos yang beredar dan masih di percaya oleh masyarakat setempat. Jika melihat ketepian danau, pengunjung akan meilihat beberapa jenis batuan yang digantungkan pada dahan dan ranting pohon. Konon masyarakat setempatlah yang menggantungkan batu-batu tersebut.

Dari keunikan inilah para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini pun akhirnya ikut-ikutan menggantung batu. Masyarakat pun menganggap batu-batu itu sebagai perlambang doa dan harapan yang dipercaya bakal terkabul.

Tak hanya di danau, kawasan pantai Pulau Satonda juga menjadi daya tarik dengan pasir putihnya serta taman bawah laut yang landai di bagian timur dan selatan. Terumbu karang serta beragam jenis dan ukuran ikan laut bisa kita nikmati dengan snorkeling tak jauh dari garis pantai pulau vulkanis ini.

Memang pulau ini tidak berpenghuni, namun terdapat beberapa penginapan cottage di tepi pantai yang bisa disewa bagi wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini. Sudah disediakan pula toilet dan tempat bilas bagi wisatawan yang ingin ber-snorkeling maupun diving. Alam bawah lautnya mempesona. Terumbu karang dan ikan warna-warni siap menyapa pelancong.

Berikan Komentar Anda

avatar