Air Terjun Penujan
Air Terjun Penujan yang memiliki ketinggian hampir 10 meter [Newswantara/Helmy Rafsanjani]

NEWSWANTARA – Terletak di kecamatan Brang Ene tepatnya di Desa Menemeng terdapat Air Terjun Penujan yang masih sangat natural. Lokasinya di tengah hutan pedalaman Olat Semoan, olat dipakai sebagai istilah gunung, gunung yang tidak jauh dari Kecamatan Taliwang (Ibu kota) kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Air terjun penujan merupakan mata air bagi sebagian petani di Kecamatan Brang ene.

Memiliki ketinggian hampir 10 meter, air terjun ini akan terlihat indah pada saat debit airnya besar. Namun karena daerah cekungan air hujan yang berada di hulu sungai yang mengalir ke air terjun ini sudah jauh berkurang akibat penebangan liar membuat air yang mengalir di air terjun sangat sedikit bahkan cenderung merembes melalui sisi-sisi bebatuan.

Lokasi dari Air Terjun Penujan dapat dicapai dengan kendaraan roda 2 hingga ujung desa. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki di jalan setapak ± 90 menit, melintasi areal perkebunan kelapa milik warga setempat hingga menyusuri pinggiran sungai yang kanan kirinya berderet batu-batu besar yang terkadang menahan laju air sungai yang debitnya kian berkurang dari waktu ke waktu.

Lokasi ini dapat anda jadikan sebagai referensi jalur trekking yang cukup menantang, karena jalur yang dilalui untuk mencapai air terjun ini dalam kondisi licin dan berlumpur, sehingga medan yang akan dilewati benar-benar akan menguji nyali para wisatawan. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan bekal makanan dan minuman karena lokasi ini cukup jauh dari pemukiman penduduk.

Jalur trekking menuju Air Terjun Penujan
Jalur trekking menuju Air Terjun Penujan [Newswantara/Helmy Rafsanjani]

Serta kan juga untuk membawa kotak P3K anda demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga tidak akan mengganggu kesenangan dalam mengeksplorasi alam Olat Semoan.

Jangan lupa untuk menyempatkan mampir di Batu Ble, istilah untuk bukit yang tidak jauh darilokasi Air Terjun Penujan. Bukit batu yang konon katanya merupakan jelmaan dari dai ular besar yang dikutuk oleh penyihir. Terlepas dari mitos yang beredar, dari atas bukit batu ble anda dapat menikmati pemandangan Kecamatan Taliwang. Udara yang begitu segar dengan suasana hening membentuk suatu ketenangan untuk berterima kasih kepada alam.

Kecamatan Taliwang
Pemandangan Kecamatan Taliwang dari atas bukit batu ble [Newswantara/Helmy Rafsanjani]

Berikan Komentar Anda

avatar