Pict : indonesia-tourism.com

NEWSWANTARA – Mendaki gunung tidak hanya dapat dilakukan oleh komunitas-komunitas pecinta alam saja, semua orang bisa melakukannya asalkan punya kemampuan dan semangat untuk tetap menjaga dan mencintai alam di sekitarnya.

Jika anda berkujung ke Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tak ada salahnya untuk mencoba mendaki Gunung Ile Ape sembari menikmati lembayung senja keindahan alam yang disuguhkan.

Ile Ape merupakan sebuah gunung yang masih aktif dan selalu mengeluarkan belerang. Gunung ini memiliki panorama alam yang indah dengan keberadaan kawah-kawah di beberapa bagian gunung.

Panorama alam pegungungan Ile Ape merupakan sebuah obyek menarik bagi wisatawan yang melakukan kegiatan pendakian (hiking) sambil menikmati keindahan alam yang berada di sekitar pegunungan.

Semua orang yang berkunjung ke Lembata pasti akan terpesona oleh keindahan Ile Ape, gunung berapi di semenanjung kecil, tepatnya di samping Teluk Lewoleba. Lokasinya cukup fotogenik karena langsung terlihat saat merapat ke Lembata dengan kapal laut ataupun dengan pesawat terbang.

Jika cuaca sedang cerah, pilot pesawat terbang tak akan sungkan melakukan atraksi mengelilingi gunung tersebut. Ile Ape merupakan landmark-nya Lembata. Ile Ape merupakan gunung dengan ketinggian 1450 meter diatas permukaan laut.

Dengan posisinya yang cukup strategis, jika anda berada di puncak gunung tersebut, maka anda telah menemukan tempat yang sangat ideal untuk berburu sunset maupun sunrise. Terdapat punggung gunung yang sangat cocok sebagai lokasi berkemah.

Dari lokasi berkemah pemandangan pemandangan matahari terbenam sangat menakjubkan, karena jauh dibawahnya terlihat serangkaian teluk-teluk, baik teluk utara maupun teluk selatan.

Pict : nationalgeographic.co.id
Pict : nationalgeographic.co.id

Selain itu juga akan terlihat keindahan-keindahan gunung Ile Boleng, gunung berapi di Pulau Adonara yang terletak di ekor pulau Adonara, menghadap ke Pulau Lembata yang hanya dipisahkan oleh selat sempit.

Dalam pendakian akan dijumpai kaldera seluas hampir 1 kmyang sudah ada sejak 1889 dan akan membuat anda terpana dengan pasir kalderanya yang berwarna agak putih. Batok gunung memiliki retakan-retakan belerang berwarna kuning cerah.

Di lereng bagian timur pemandangan lain terbentang laut di teluk Jontona seolah danau luas dengan sebuah pulau kecil di tengahnya bagaikan view Danau Toba. Gunung Ile Ape di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu ikon dari keindahan alam Indonesia.

Tidak heran jika Ile Ape menarik banyak wisatawan mancanegara untuk mendakinya dan melihat langsung keindahan Gunung Ile Ape. Selain itu Gunung Ile Ape merupakan salah satu tempat terindah yang menjadi incaran oleh banyak fotografer.

Ketika mendengar kata Gunung Ile Ape yang akan terbayang adalah keindahan gunung ini dan cerita-cerita seru selama pendakian, tidak heran Gunung Ile Ape merupakan sebuah gunung yang esksotis dan sebuah ikon di Lembata, NTT.

Berikan Komentar Anda

avatar