Menguak Keindahan Air Terjun Telun Berasap di Taman Nasional Kerinci

Air Terjun Telun Berasap [Indonesia Travel]

NEWSWANTARA – Air terjun Telun Berasap menawarkan panorama alam yang asri. Gemuru air yang terhempas dari ketinggian 50 meter menciptakan sebuah pelangi kecil. Nuansa alam seketika menyapa untuk segera dinikmati. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang yang disajikan alam menjadi pilihan untuk merasakan ketenangan dari penatnya rutinitas.

Mengalir melalui tebing-tebing terjal melalui formasi bebatuan dari aliran sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh. Satu diantara panorama alam yang dimiliki Provinsi Jambi, Kabupaten Kerinci, Kecamatan Kayo Aru, Desa Telun Berasap.

Nama Telun Berasap berasal dari proses jatuhnya air dengan debit tinggi sehingga menciptakan kabut air di sekelilingnya. Dari proses inilah yang menjadi istimewa ketika menyaksikan kemilau cahaya warnai-warni bagaikan pelangi.

Baca Juga:

Dibalik air terjun, terdapat goa yang menjadi misteri tersendiri seakan tertantang untuk dipecahkan. Derasnya debit air yang jatuh dan terjalnya bebatuan di sekitar air tejun membuat tak seorangpun yang berhasil masuk ke dalam goa. Jika cukup berani, Anda bisa naik ke atas air terjun untuk mendapatkan pemandangan berbeda.

Di sekitar air terjun terdapat pondok yang bisa digunakan berteduh dikeadaan hujan. Untuk dapat menikmati air terjun Telun Berasap, perjalanan dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh memakan waktu sekira 10 jam dengan jarak kurang lebih 500 km.

Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan angkutan umum (mini bus), mobil sewaan atau mobil pribadi. Alternatif lain, Anda bisa berangkat dari Kota Padang dengan perjalanan menuju Tapan kemudian dilanjutkan menuju Sungai Penuh.

Jarak dari Kota Padang ke Sungai Penuh adalah 287 km dengan lama perjalanan sekitar 7 jam. Jarak Sungai Penuh ke Desa Telun Berasap sekira 60 kilometer.

Perjalanan menuju Desa Telun Berasap dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat. Pintu masuk kawasan wisata Air Terjun Telun Berasap dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 300 meter.

Letaknya yang berada di Kabupaten Kerinci, akan terasa lengkap jika seusai menjejakkan kaki di Gunung Kerinci dapat mengunjungi air Terjun Telun Berasap ini. Bisa menikmati cita rasa Teh Kayu Aro ditemani panorama perkebunan akan mengobati rasa lelah setelah pendakian.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun akan disuguhkan pepohonan besar yang menurut masyarakat setempat sudah berusia ratusan tahun yang perlu dijaga dan dilestarikan. Perlu diketahui, Air Terjun Telun Berasap bukanlah air terjun yang memungkinkan untuk melakukan loncatan dari atas ke bawa air terjun, karena dasar air terjun tersebut tidak dalam dan berbatu di tepi alirannya.

Berikan Komentar Anda

avatar
wpDiscuz