Mencari Ketenangan Di Goa Rangko

Goa Rangko
Suasana dalam Goa Rangko yang memiliki kolam jernih [Pict: Istimewa]

NEWSWANTARA – Goa Rangko diibaratkan sebuah kolam renang pribadi yang menawarkan keheningan bagi siapapun yang mampir untuk merasakan kesegaran air yang ada di dalamnya. Air yang terdapat di dalam goa ini merupakan air asin. Air tersebut bersumber dari air laut, hal ini dikarenakan terdapat rongga-rongga yang menghubungkan kolam di dalam goa dengan laut lepas.

Goa Rangko terdapat di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat. Gua Rangko seperti oase di dalam teriknya matahari Flores. Tidak hanya mempunyai stalaktit serta stalakmit, kolam kecilnya yang mempesona membius pengunjung dengan ketenangannya yang membawa kedamaian.

Baca juga : 

Untuk bisa merasakan sensasi Goa Rangko, pengunjung dapat memulai perjalanannya dari Desa Rangko. Pengunjung bisa menyewa perahu milik para nelayan di sekitar Desa Rangko untuk bisa diantarkan ke Goa Rangko. Masih sangat jarang wisatawan yang berkunjung ke goa ini ditambah dengan transportasi khusus untuk kunjungan ke goa ini masih kurang.

Kapal-kapal nelayan tersebut hanya menyeberang dari Desa Rangko ke dekat Desa Batu Cermin satu kali sehari. Kapal dengan kapasitas 10 orang ini menjadi alat transportasi penduduk Desa Rangko dan juga sekaligus alat mata pencariannya. Harga Sewa kapal menuju Goa Rangko dari Desa Rangko berkisar antara Rp 300.000 – 350.000/kapal.

Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 15-20 menit. Selama perjalanan akan melihat karang-karang di bawah laut yang masih sangat terjaga keasriannya. Setibanya di pinggir pantai dekat Goa Rangko, kapal disandarkan dan pengunjung harus kembali berjalan kurang lebih sejauh 200-300 meter sebelum tiba di bibir Goa.

Menjadi catatan, saat mengunjungi Goa Rangko, pengunjung di sarankan untuk bisa menyelesaikan kegiatan berenang sebelum air laut surut. Hal ini dikarenakan jika air laut surut kapal yang digunakan tidak bisa berlayar. Kapal bisa kandas dengan karang yang disebabkan oleh air laut yang surut.

Keberadaan Goa Rangko menjadi satu potensi objek wisata yang dapat dikembangkan karena belum terjamah. Sebelumnya telah populer wisata goa di Labuan Bajo yakni Goa Batu Cermin. Keberadaanya telah menjadi aset daerah yang bisa dioptimalkan untuk membawa manfaat secara ekonomis baik untuk masyarakat setempat maupun pemerintah daerah. (©nws)

Berikan Komentar Anda

avatar