Menatap Keindahan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Menatap keindahan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan [Istimewa]

NEWSWANTARA – Bukit Pergasingan memiliki ketinggian 1.700 mdpl yang menghadap langsung ke Gunung Rinjani. Terletak di Desa Sembalun, untuk menuju Bukit Pergasingan Anda harus naik motor terlebih dulu kurang lebih 3 jam dari Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Perjalanan ke Bukit Pergasingan ini sifatnya soft trekking jika dibandingkan dengan Gunung Rinjani.

Pendakian memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dimana perjalanan awal cukup
menantang. Kemiringan yang mencapai 70 derajat akan membuat semangat semakin terpacu dengan penorama alam Desa Sembalum yang begitu mempesona. Hamparan kebun warga dan persawahan terlihat seakan seperti permadani.

Bukit-bukit yang lain berdiri kokoh menemani puncak Sang Rinjani. Pemandangan indah di
dipertontonkan alam Pulau Lombok. Belakangan popularitas bukit sembalum makin eksis.
Spot-spot Bukit Pergasingan menjadi lokasi favorit dalam mengisi stok foto sosial media kaum milenial.

Sedikit cerita, kata pergasingan berasal dari kata ‘gasing’. Konon katanya bukit ini dulunya digunakan sebagai pertandingan permainan gasing oleh penduduk setempat. Hingga akhirnya bukit ini dinamakan Bukit pergasingan. Bukit yang sekarang termasuk dalam Taman Wisata Alam Kabupaten Lombok Timur.

Baca Juga :

Bukit Pergasingan kini banyak di kunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara karena lokasinya yang sangat menarik dan pemandangan yang epic. Lokasinya yang tidak begitu jauh dengan panorama alamnya yang mempesona kini menjadi opsi camping ground bagi para penikmat alam.

Pintu masuk Bukit Pergasingan terletak di Desa Sembalun Lawang. Memulai perjalanan,
pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 kepada pengelola Bukit
Pergasingan yakni pemuda setempat yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC).

Kesadaran pemuda Desa Sembalun dalam meningkat taraf hidup masyarakat patut
diapresiasi. Selain membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, retribusi yang ditarik dari pengunjung dipergunakan dalam menjaga kelestarian alam Sembalun. Pemuda Sembalun juga saat ini telah bertransformasi sebagai atlet paralayang.

Jika berniat untuk menyusun agenda wisata tahun 2018, Bukit Sembalun menjadi pilihan yang pantas untuk tidak dilewatkan dengan indahnya pemandangan sunrise yang ada di bukit ini. Matahari terbit dari balik Bukit Anak Dara dan menyinari Puncak Rinjani secara perlahan menjadi pemandangan yang mampu mendatangkan ketenangan serta memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di tempat ini .

Berikan Komentar Anda

avatar